-->

Gejala Penyakit Jantung Yang Sering Dilupakan


Gejala Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung. Sebagaimana kita ketahui penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dengan angka kematian yang sangat tinggi. Penyakit jantung tidak datang dengan sendirinya, berbagai macam faktor sangat berpengaruh terhadap berkembangnya bibit penyakit jantung.

Penyakit jantung pada umumnya disebabkan karena fungsi organ jantung tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, ini karena pasokan oksigen ke jantung sangat kurang. Hal ini didukung oleh pola hidup sembarangan yang akhirnya menimbulkan gejala penyakit jantung.

Masalah pola makan tidak dapat kita sepelekan, karena perilaku dan bahan makanan yang kita konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan jantung sehingga apabila organ jantung menjadi lemah maka akan beresiko terkena serangan jantung. Ini merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

Disamping itu penyakit jantung juga dipicu oleh kebiasaan buruk seperti merokok, bahkan menurut penelitan, kesehatan jantung akan mengalami masalah bila seseorang kurang beraktifitas dan stres. Gejala sakit jantung akan timbul, apalagi jika dibarengi dengan pola makan yang tidak terjaga.


Gejala Penyakit Jantung

Gejala sakit jantung menunjukkan tanda - tanda yang khas dan tidak hanya satu. Ada sebagian gejala memang mirip dengan gejala penyakit lain, namun beberapa tanda - tanda yang muncul akan pembeda penyakit jantung dengan gejala penyakit lain.  Secara umum gejala penyakit jantung yang biasanya dirasakan oleh penderitanya adalah sebagai berikut :
    gejala penyakit jantung
  1. Sering Kelelahan. Jika sering mengalami kelelahan walaupun tidak ada aktifitas, ini adalah gejala awal bahwa organ jantung tidak sehat.
  2. Sering berkeringat. Tanda - tanda bahwa jantung tidak sehat adalah berkeringat banyak padahal tidak ada aktifitas berat.
  3. Mual berlebihan. Hilangnya nafsu makan dan sering mual merupakan jantung sudah mengalami gangguan atau pembengkakan.
  4. Merasa cemas berlebihan. Secara psikologis, serangan jantung akan membuat penderitanya menjadi trauma dan cemas ini yang membuat kondisi jantung semakin buruk.
  5. Nyeri pada bagian tubuh. Pada pria, rasa nyeri dirasakan di bagian lengan kiri, sementara wanita mengalami rasa sakit di kedua lengan. Rasa sakit datang dan pergi ini juga dirasakan di bagian bahu, punggung siku, dan leher. Nyeri di beberapa titik bagian tubuh ini disebabkan karena terjadi penyumbatan arteri.
  6. Nyeri di dada. Ini merupakan gejala umum masalah jantung. Wanita akan lebih mungkin merasakan nyeri di bagian dada karena penyumbatan arteri yang menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh tidak lancar. 
  7. Sakit kepala yang dirasakan apabila terkena cahaya matahari.
  8. Denyut jantung tak teratur. Ini terjadi karena adanya penyempitan katup jantung sebagai akibat dari adanya penebalan otot pada katup jantung.
  9. Sesak napas. Ini terjadi karena pasokan darah ke seluruh tubuh terhambat oleh penebalan pembuluh darah.
  10. Pembengkakan kaki dan perut. Umumnya terjadi pada pergelangan kaki sebagai akibat dari adanya penumpukan cairan di dalam tubuh.
Demikianlah gejala penyakit jantung yang biasanya dirasakan para penderitanya. Penyakit jantung mempunyai gejala yang khas, sehingga apabila terjadi tanda - tanda seperti di atas, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel