-->

Penyebab Asam Urat Yang Paling Populer

Penyebab Asam Urat

Penyebab asam urat seperti halnya dengan berbagai penyakit lainnya dipengaruhi oleh pola makan yang tidak sehat, dan gaya hidup yang semaunya. Sebagai mana kita ketahui bahwa penyakit asam urat dipicu oleh tingginya kandungan purin pada makanan yang kita konsumsi.

Sebenarnya tubuh manusia juga membutuhkan purin. Secara alamiah, kebutuhan purin disediakan oleh tubuh sebesar 85 %, jadi kebutuhan purin sebesar 15 % dipenuhi dari makanan yang kita konsumsi sehari - hari. Ini menjadi masalah dan menjadi penyebab asam urat jika kebutuhan purin yang hanya 15 % itu dipenuhi dengan makanan dengan kandungan purin yang melebihi batas normal.

Jadi dalam mengkonsumsi makana sebenarnya juga perlu perhitungan, apakah jumlah kandungan dari makanan yang kita konsumsi akan berakibat negatif atau tidak.

Berbagai makanan yang bersumber dari produk hewani biasanya mengandung purin yang tinggi, dan bisa meningkatkan kadar asam urat adalah seperti : ikan hearing, telur, dan jeroan. Ikan hearing atau sejenisnya (sarden), dan jeroan merupakan sumber senyawa sangat potensial. Yang tergolong jeroan bukan saja usus melainkan semua bagian lain yang terdapat dalam perut hewan –seperti hati, jantung, babat, dan limfa. Makanan inilah yang merupakan makanan penyebab asam urat yang paling polpuler.

Mengkonsumsi jeroan memperberat kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin. Akibatnya banyak sisa asam urat di dalam darahnya, yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan rasa sangat sakit pada persendian.

Secara umum penyebab penyakit asam urat dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
  1. Penyebab Asam Urat Primer.  Penyebab ini sangat terkait dengan faktor dari dalam tubuh seseong namun belum diketahui secara pasti. Diduga disebabkan oleh faktor genetik dan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Bisa juga disebabkan oleh terganggunya proses pengeluaran asam urat dari tubuh karena ginjal lagi bermasalah.
  2. Penyebab Penyakit Asam Urat Sekunder.  Penyebab ini sangat berkait erat dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sebagai faktor utama untuk penyebab sekunder ini. Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumi nutrisi kadar purin tinggi.


Pantangan  Penderita Asam Urat

Beberapa jenis makanan yang perlu dihindari dan dipantang oleh penderita penyakit asam urat adalah :
  1. Sayuran, seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol.
  2. Buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas dan air kelapa.
  3. Makanan atau lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak. 
  4. Makanan laut berupa udang, kerang, cumi dan kepiting. 
  5. Makanan kaleng berupa kornet, sarden. 
  6. Juga perlu dihindari daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  7. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom, susu kedelai dan emping mlinjo.
  8. Minuman dan makanan beralkohol seperti bir, wiski, anggur, tape dan tuak. 

Dengan mengetahui penyebab asam urat kita bisa mengetahui cara mencegahnya daripada setelah kondisi memburuk kita baru mencari obat asam urat.  Jadi hindari makanan yang menjadi pantangan penderita penyakit asam urat, daripada gejala asam urat akan berkembang semakin memburuk. Pemeriksaan dokter secara teratur adalah cara cerdas bagaimana menghindari penyakit asam urat.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel