-->

Cara Mudah Dan Murah Mengurangi Risiko Penyakit Ginjal

Mengurangi risiko penyakit ginjal merupakan hal yang sangat penting mengingat ginjal merupakan organ tubuh yang sangat vital agar manusia bisa hidup dengan normal. Peranan ginjal tidak bisa disepelekan, jika fungsi ginjal sudah rusak maka disamping akan menimbulkan penyakit ginjal, juga akan menimbulkan komplikasi dengan penyakit lainnya.

Lagi - lagi pola dan gaya hidup sehat menjadi tuntutan sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit, termasuk penyakit ginjal. Berbicara soal risiko penyakit ginjal ... setiap manusia berpotensi terserang penyakit ginjal, maka untuk mencegahnya kita harus melakukan hal - hal penting yang dapat mengurangi risiko atau mencegah timbulnya penyakit ginjal.

Berikut ini adalah hal - hal sederhana, namun jika rutin dan konsisten dilakukan dapat mengurangi risiko penyakit ginjal :

  • Aktifitas fisik seperti jalan cepat, jogging dan lari. Aktifitas ini sangat baik bagi mereka yang sehari - hari terlalu banyak duduk di dalam ruangan, ini sangat dianjurkan dan merupakan salah satu cara untuk terhindar dari penyakit ginjal kronis.
  • Berjalan di ruangan kerja satu jam sekali. Duduk berlama - lama mungkin sudah merupakan tuntutan pekerjaan, misalnya di depan komputer. Namun pikirkanlah kesehatan tubuh, duduk terlalu lama dengan gerak fisik yang kurang dapat menimbulkan gangguan kesehatan termasuk gangguan ginjal. Untuk mensiasatinya, lakukan jalan - jalan dan peregangan walaupun sekedar di dalam ruangan.
  • Berhenti merokok. Walaupun berhenti merokok hanya sekedar himbauan pemerintah, namun efek negatif yang merusak kesehatan adalah akibat yang nyata. Dalam jangka waktu tertentu, nikotin pada rokok akan merusak organ - organ tubuh termasuk ginjal. Maka dari itu tidak merokok adalah pilihan yang bijak.
  • Perbanyak konsumsi air putih. Air putih adalah cara yang murah untuk merawat ginjal agar berfungsi dengan baik.
  • Kurangi makanan berlemak dan Kurangi berat badan.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur.
  • Konsumsi ramuan herbal. Ada banyak ramuan herbal untuk mencegah dan  mengobati penyakit ginjal yang dapat dibuat sendiri di rumah. Di bawah ini adalah salah satu ramuan yang baik sekali untuk mencegah penyakit ginjal.

Bahan :
3  sendok makan kacang kedelai

cara mengurangi risiko penyakit ginjal

4  gelas air

Cara membuat :

  1. Rebuslah 3 sendok makan kacang kedelai dengan 4 gelas air hingga mendidih.
  2. Biarkan air mendidih hingga air rebusan menyusut hingga kira - kita tinggal 1 gelas saja.
  3. Minumlah saat masih hangat, lakukan setiap pagi sehabis bangun tidur.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel