-->

Sejumlah Manfaat Kolesterol Yang Dibutuhkan Tubuh Manusia

Manfaat kolesterol. Istilah kolesterol dipastikan tidak asing lagi di telinga kita. Biasanya jika kita membicarakan masalah makanan sehat, biasanya akan berhubungan dengan masalah kolesterol. Makanan tinggi lemak dikaitkan dengan kolesterol tinggi yang akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh, misalnya terkena penyakit jantung. Untuk lebih jelasnya pelajari apa itu kolesterol

Namun ternyata ... tidak semua kolesterol akan berakibat buruk bagi tubuh, ada jenis kolestero yang justru bermanfaat bagi tubuh manusia. Sehingga berkembang adanya istilah kolesterol baik ( HDL / High Density Lipoprotein ) dan kolesterol jahat ( LDL ? Low Density Lipoprotein ).

Manfaat kolesterol akan berubah menjadi "jahat" jika kadarnya dalam tubuh melebihi batas normal. Kelebihan kolesterol akan disimpan dan menempel pada dinding pembuluh darah hingga menimbulkan pengapuran. Jika diibaratkan, ini semacam karat yang semakin menebal pada saluran pipa. Akibat bagi tubuh adalah aliran darah yang melewati pembuluh darah menjadi tidak lancar. Ini juga mengakibatkan oksigen yang dibawa darah  untuk mensuplai jantung menjadi lebih sedikit, ketidakseimbangan ini menjadi bibit penyakit jantung koroner.


MANFAAT KOLESTEROL BAGI TUBUH MANUSIA


Kembali ke masalah manfaat kolesterol, ternyata kolesterol adalah senyawa yang memiliki peranan penting bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat kolesterol bagi tubuh manusia :

  1. Pembungkus jaringan syaraf
    manfaat kolesterol
  2. Pelarut vitamin A, D, K, dan vitamin E
  3. Penyumbang energi yang lebih tinggi daripada protein
  4. Membantu perkembangan jaringan otak anak
  5. Sebagai pembuat garam empedu yang penting untuk mencerna lemak
  6. Sebagai bahan dasar pembentukan hormon - hormon steroid
  7. Pelapis selaput sel

Itulah manfaat kolesterol, walaupun mempunyai peranan penting, namun jika kadar kolesterol melebihi ambang batas normal akan membahayakan tubuh juga. Oh ... ya, ada kabar baik, untuk menjaga kadar kolesterol kita dapat mengkonsumsi susu kedelai, silakan baca : cara membuat susu kedelai penurun kolesterol jahat.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel