Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Mengolah Mengkudu Sebagai Buah Obat Penurun Darah Tinggi

Buah obat darah tinggi. Saya yakin teman - teman sekalian sudah tidak asing lagi mendengar nama buah mengkudu, atau yang dikenal juga dengan istilah buah pace. Dalam dunia obat - obatan tradisional, buah mengkudu dikenal memiliki kandungan senyawa berkhasiat, sehingga berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk tekanan darah tinggi.

Namun kali ini saya hanya ingin membahas manfaat mengkudu yang dapat digunakan sebagai buah obat darah tinggi yang memang begitu populer di tengah masyarakat. Sehingga buah mengkudu ini sering dikatakan sebagai buah penurun darah tinggi karena khasiatnya yang memang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Lalu untuk menggunakannya sebagai obat tradisional darah tinggi, cara meramunya gimana ya... sebelumnya saya ingin paparkan dulu mengenai kandungan senyawa berkhasiat yang terdapat pada setiap buah mengkudu. Buah pace atau mengkudu dari penampilannya terbilang tidak istimewa namun kandungan manfaatnya sangat besar. 


Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada buah mengkudu sehingga dapat menjadi obat darah tinggi :

  • Zat Nutrisi. Buah mengkudu mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti
    mengkudu buah obat penurun tekanan darah tinggi
    protein, vitamin dan mineral penting seperti selenium yang merupakan antioksidan yg sangat baik
  • Senyawa penting seperti xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
  • Senyawa-senyawa penting seperti : Terpenoid yang berperan dalam proses sintesi organik dan pemulihan sel-sel tubuh, juga Scolopetin sebagai Anti peradangan dan anti alergi yang sangat efektif.
  • Zat anti bakteri. Sari buah mengkudu mengandung zat anti bakteri, Zat-zat ini berperan pentin dlm mematikan sejumlah bakteri penyebar infeksi seperti ; Pseudomonas aeruginosa, staphylococcus aureus, protens morganii, escherichia coli dan bacillus subtilis. Selain itu, zat anti bakteri buah mengkudu juga dapat mengontrol bakteri pathogen seperti s . scotmuelleri, Shigella dusenteriae, S . typhi, S . flexnerii, Salmonella montivideo, staphylococcus aureus, dan s . pradysenteriae.
  • Zat anti kanker. Zat ini berperan efektif dalam melawan sel-sel abnormal
  • Zat asetil. Berperan dalam mematikan kuman
  • Zat moridon. Berperan dalam melancarkan buang air besar
  • Zat soranjidiol. Berperan dalam melancarkan buang air kecil
  • Zat terpenes. Dapat meramajakan sel-sel pada tubuh
  • Zat hipokelemestik. Berperan dalam menurunkan kolesterol dalam darah

Setelah kita membahas tentang kandungan buah mengkudu, berikut ini adalah langkah - langkah cara meramu buah mengkudu sehingga dapat menjadi obat penurun tekanan darah tinggi tradisional yang efektif :


  1. Ambil buah mengkudu yang sudah agak tua, kupas dan cuci bersih
  2. Parut buah mengkudu, lalu diperas.
  3. Dapatkan air hasil perasan hingga mencapai 1 gelas
  4. Saring air perasan buah mengkudu dengan saringan yang bersih
  5. Campurkan air perasan mengkudu dengan madu murni secukupnya
  6. Minum ramuan air buah mengkudu tersebut setiap pagi dan malam hari masing - masing 1 gelas.


BUAH OBAT PENURUN DARAH TINGGI

Di atas adalah buah mengkudu yang dapat dimanfaatkan sebagai obat darah tinggi, berikut ini adalah beberapa jenis buah yang dapat menurunkan darah tinggi :

1. Alpukat Ini dapat menjadi buah obat darah tinggi yang manjur. Setengah potong buah alpukat memberikan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Selain mengandung mineral yang dapat menurunkan darah tinggi, buah alpukat juga kaya lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

2. Buah Tomat Menurunkan tekanan darah adalah salah satu dari sekian banyak manfaat mengonsumsi buah tomat. Tomat yang kaya akan lycopene, diketahui membantu dapat membantu dalam membantu mencegah diabetes, penuaan dini, dan termasuk menurunkan darah tinggi. Dalam penyajiannya, akan lebih baik dimakan tanpa banyak pemrosesan, dan tidak dengan bahan-bahan lain seperti keju dan daging berlemak seperti pada pizza.

3. Melon.  Buah melon juga dikenal sebagai obat darah tinggi tradisional. Melon adalah sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin C, thiamin dan kalium. Satu cangkir melon (173 g) mengandung 484 mg kalium, ini setara dengan 14 persen dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. Melon juga merupakan sumber yang baik dari magnesium, asam folat dan vitamin B6.

4. Pisang.  Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Kadar kalium yang tinggi inilah yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Makanlah 2 buah pisang setiap hari untuk hasil terbaik. Tambahkan satu pisang (ketiga) untuk mencegah penyakit stroke, dan membantu bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga stroke.

5. Semangka. Buah obat darah tinggi yang satu ini mudah sekali didapat karena memang banyak di Indonesia, banyak juga yang mengonsumsinya terutama ketika tahu manfaatnya. Tahukah Anda bahwa buah semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan L-citrulline. Zat ini akan membantu memebuat rileks pembuluh darah, sehingga buah semangka bisa menjadi penurun darah tinggi.

6. Buah kiwi.  Satu buah kiwi berukuran sedang menyediakan 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Memang buah ini jarang tersedia di pasar tradisional, tapi dapat dengan mudah kita temui di supermarket. Selain itu, buah kiwi juga kaya akan vitamin C, bahkan dengan ukuran yang sama lebih banyak kandungan vitamin C nya daripada jeruk.

7. Aprikot.  Aprikot merupakan sumber kalium dan vitamin A yang sangat baik. Dalam satu cangkir aprikot kering (119 g) mengandung 2.202 mg kalium, mungkin ini merupakan salah satu jenis makanan terbaik yang kaya akan kalium. Buah ini hanya sedikit megandung natrium, lemak jenuh dan kolesterol.

8. Jeruk Aneka macam jeruk merupakan buah-buahan yang terkenal karena kandungan vitamin C, artinya ini merupakan makanan tinggi nutrisi dan rendah kalori. Dengan kandungan kalium sebanyak 326 mg dan tidak mengandung natrium, maka ini merupakan salah satu buah penurun darah tinggi terbaik. Lemon juga merupakan sumber potasium yang baik, kalsium, fosfor, vitamin A dan folat.

9. Blueberry.  Blueberry mengandung banyak antioksidan di dalamnya, seperti halnya raspberry, dan ini memiliki dampak langsung pada tekanan darah, dengan cara mengalahkan radikal bebas dalam tubuh. Pertibangkan untuk makan semangkuk blueberry segar dicampur dengan buah-buahan lainnya sebagai sarapan yang menyegarkan.

10. Buah Anggur.  Pilihlah buah anggur yang matang untuk rasa dan kualitas terbaik. Bioflavonoid yang ada dalam anggur tidak hanya menjadi obat tekanan darah tinggi tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Anggur sebanyak 123 g mengandung 166 mg kalium dan ini memenuhi 5 persen dari nilai harian kalium yang direkomendasikan.

11. Jambu Biji. Jika Anda ingin meniru hasil studi klinis yang dilakukan di India, maka Anda harus makan jambu sebelum makan siang atau makan malam. Buah jambu ini memiliki kadar kalium yang tinggi, kaya serat alami. Dengan demikian, buah jambu bisa menurunkan darah tinggi dan membantu melancarkan pencernaan sehingga membatu juga dalam upaya meurunkan berat badan. 

Demikianlah cara membuat ramuan obat alami darah tinggi yang walaupun sederhana tetapi efektif menurunkan tekanan darah tinggi, juga beberapa jenis buah yang dapat menjadi obat penurun darah tinggi. Jika anda merasakan adanya gejala tekanan darah tinggi, anda dapat mencoba membuat sendiri ramuan tersebut.
Mengolah Mengkudu Sebagai Buah Obat Penurun Darah Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Posting Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.