Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Benarkah Penyakit Asam Urat Lebih Menyerang Laki - Laki

Sebagai pedoman apakah seseorang terkena penyakit asam urat atau tidak, tentu akan dibandingkan dengan tingkat kadar asam urat normal. Kadar asam urat normal pada laki - laki berbeda dengan kadar asam urat pada perempuan. Kadar asam urat normal pada laki - laki berkisar 3,5 - 7 mg/dl sedangkan pada perempuan berkisar 2,6 - 6 mg/dl.

Secara kronoligis penyakit asam urat ini terjadi karena adanya penumpukan cadangan asam urat. Dalam satu hari orang normal akan membuang 700 miligram asam urat melalui ginjal. Sisa cadangan asam urat sebanyak kurang lebih 1000 miligram tersimpan dalam cairan tubuh. Pada penderita asam urat, produksi asam uratnya akan berlebih karena sudah adanya cadangan asam urat dalam tubuh, sehingga terjadi peningkatan cadangan  asam urat sebanyak 3 - 15 kali dibandingkan orang normal. Kelebihan cadangan yang menumpuk pada persendian inilah yang mengakibatkan penyakit asam urat.


ASAM URAT LEBIH SERING TERJADI PADA LAKI - LAKI

Mengapa dikatakan laki - laki lebih sering terkena asam urat dibandingkan wanita?  Pada

asam urat
wanita, hormon estrogen akan merangsang pengeluaran asam urat lewat urin sehingga pada wanita jarang terjadi kadar asam urat yang tinggi. Namun ... pada saat usia memasuki masa menopause, kadar asam urat pada wanita bisa saja naik karena kadar asam urat cenderung naik seiring dengan bertambahnya usia. Sehingga kebanyakan penderita penyakit asam urat adalah mereka yang sudah lanjut usia.

Pola hidup sehat lagi - lagi menjadi tuntutan agar terhindar dari penyakit asam urat. Kenali gejala asam urat, hindari penyebab asam urat serta konsumsi makanan sehat bernutrisi merupakan tindakan pencegahan yang baik. Memang benar, makanan menjadi salah satu penyebab terjadinya suatu penyakit termasuk asam urat. Untuk itu pola makan sehat sudah menjadi keharusan.

Berikut ini adalah jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita asam urat :
  • Keju dan susu
  • Makanan sumber karbohidrat, seperti : beras, kentang singkong, terigu, tapioka dan biskuit.
  • Buah buahan, seperti : semangka, melon, nanas, belimbing manis dan jambu air. TAPI INGAT!!! hindari buah durian dan alpukat.
  • Air putih. Bagi penderita asam urat dianjurkan untuk banyak minum, minimal 2 liter atau 10 gelas per hari per hari.
  • Ada juga bahan makanan yang mengandung purin namun aman dan tidak meningkatkan kadar asam urat, seperti : kopi, teh dan coklat.
 Baca juga : Obat Asam Urat Sepele Tapi Menyembuhkan

Benarkah Penyakit Asam Urat Lebih Menyerang Laki - Laki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Poskan Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.