Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Penyakit Gegeneratif Yang Mengancam di Usia 40 Plus

Penyakit degeneratif adalah suatu kondisi penyakit dimana terjadi proses penurunan fungsi organ tubuh yang umumnya terjadi pada usia tua yang ditandai dengan  kerusakan terhadap jaringan atau organ tubuh. Sering kita mendengar bahwa usia 40 tahun ke atas adalah masa – masa yang rentan terhadap ancaman berbagai penyakit. Pendapat seperti itu tidak salah karena memang pada usia tersebut kondisi dan fungsi tubuh semakin menurun sehingga kerja organ tubuh yang tidak sempurna akan mengakibatkan berbagai jenis penyakit yang disebut penyakit degeneratif.

Penyakit degeneratif ada banyak macamnya, masing - masing penyakit menunjukkan kondisi kerusakan pada organ - organ tubuh yang bersangkutan. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit degeneratif yang potensial menyerang manusia umumnya setelah usia 40 tahun :
  1. Penyakit persendian dan tulang, misalnya rematik, osteoporosis, dan osteoartritis.
  2. Penyakit kardiovaskuler, misalnya : penyakit jantung koroner, hipertensi, kolesterolemia, angina, cardiac attack, trigliserida tinggi, dan anemia.
  3. Penyakit pencernaan, seperti : maag dan ulcus pepticum.
  4. Penyakit urogenital, contohnya : infeksi saluran kemih, gagal ginjal akut / kronis, dan benigna prostat hiperplasia.
  5. Penyakit metabolik / endokrin, misalnya : diabetes mellitus, dan obesitas.
  6. Penyakit pernafasan, misalnya : asma, TB paru.
  7. Penyakit keganasan, contohnya : kanker
  8. Penyakit lainya, misalnya : pikun/dimensia, alzeimer dan parkinson.


Dari ragam penyakit di atas, ada tujuh penyakit kronik degeneratif yang sering dialami orang pada usia lanjut :
  • Osteo Artritis ( OA ). Merupakan peradangan sendi yang biasa disebut juga dengan rematik. Ini terjadi akibat peristiwa mekanik dan biologik yang mengakibatkan penipisan rawan sendi, tidak stabilnya sendi dan pengapuran.
  • Osteoporosis. Merupakan
    salah satu gangguan tulang dimana masa dan kepadatan tulang berkurang.
  • Hipertensi. Merupakan
    kondisi dimana tekanan darah sistolik sama atau lebih tinggi dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih tinggi dari 90 mmHg. Ini terjadi karena menurunnya elastisitas arteri pada proses menua.
  • Diabetes Mellitus. Penyakit ini juga populer dengan sebutan penyakit kencing manis. Baca juga : apa itu diabetes mellitus.
  • Dimensia. Merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala seperti : kehilangan fungsi intelektual dan daya ingat secara perlahan – lahan. Sehingga mempengaruhi aktivitas sehari – hari. Contoh penyakit dimensia adalah  alzheimer.
  • Penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah jantung sehingga aliran darah menuju jantung terganggu.
  • Kanker. Merupakan kondisi dimana struktur dan fungsi sebuah sel mengalami perubahan bahkan sampai merusak sel – sel lainnya yang masih sehat. Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua setelah penyakit jantung.

Demikianlah penyakit – penyakit degeneratif yang biasa menyerang di usia lanjut. Mudah – mudahan bisa menjadi motivasi bagi kita untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari segala macam penyakit.


Penyakit Gegeneratif Yang Mengancam di Usia 40 Plus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Posting Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.