Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Fungsi Paru - Paru Pada Manusia Yg Perlu Mendapat Perhatian

Fungsi paru - paru. Organ tubuh yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, yang merupakan salah satu organ vital yang harus kita jaga kesehatannya, mengingat fungsi paru - paru juga berhubungan dengan organ organ tubuh yang lain.

Ada banyak jenis yang dapat mengancam tubuh kita, itu karena organ tubuh yang bersangkutan sudah kehilangan fungsinya, atau kerja organ tersebut tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Begitu juga denganparu - paru, jika  fungsi paru - paru pada manusia sudah terganggu atau rusak, maka ketidakseimbangan tersebut akan mengakibatkan penyakit paru - paru. Penyakit paru - paru tidak hanya satu, ada paru - paru basah, dan lain - lain.

Mengingat fungsi paru - paru pada manusia tidak dapat digantikan oleh organ ain, sudah selayaknya kita waspada terhadap segala hal mungkin dapat mengancam kesehatan paru - paru. Sebagai pengingat kita akan pentingnya peranan paru - paru, berikut ini kami ulas beberapa fungsi paru - paru bagi manusia, antara lain :

  1. Paru-paru berfungsi sebagai reservoir darah dalam tubuh. Volume darah paru-paru adalah rata-rata sekitar 450 mililiter, sekitar 9 persen darah total volume seluruh sistem peredaran darah. Kuantitas ini dapat dengan mudah berfluktuasi antara setengah dan dua kali volume normal. Kehilangan darah dari sirkulasi sistemik oleh perdarahan dapat sebagian dikompensasi oleh darah dari paru-paru ke dalam pembuluh sistemik
  2. Fungsi Ekskresi. Saat manusia menghembuskan napas, manusia mengeluarkan gas karbondioksida dan uap air. Jadi, paru-paru merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia.
  3. Fungsi Respirasi. Manusia menghirup udara karena memerlukan oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan untuk membantu perombakan bahan makanan dalam tubuh. Jadi, paru-paru tentu saja merupakan bagian dari sistem pernapasan pada manusia.
  4. Menyaring gumpalan darah yang terbentuk dalam vena.
  5. Mengendalikan pH darah dengan cara mengubah tekanan karbon dioksida.
  6. Aksi siliaris eskalator adalah sistem pertahanan yang penting terhadap infeksi ditanggung udara. Partikel debu dan bakteri di udara yang dihirup terperangkap dalam lapisan lendir hadir pada permukaan mukosa saluran pernapasan dan naik menuju faring oleh berirama ke atas pemukulan Silia.
  7. mengubah angiotensin I menjadi angiotensin II oleh enzim angiotensin-converting.
  8. Mempengaruhi konsentrasi beberapa zat biologis dan obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan dalam darah.
  9. Menyediakan aliran udara untuk menciptakan suara vokal.
  10. Dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung hati dari guncangan.


HAL - HAL YANG DAPAT MERUSAK FUNGSI PARU - PARU

Setelah kita mempelajari apa itu fungsi paru - paru, berikut ini adalah hal - hal yang dapat

merusak fungsi paru - paru sehingga akan merkembang menjadi penyakit paru - paru :

1. Merokok. Sudah menjadi rahasia umum jika mer*kok dapat merusak kesehatan paru-paru, oleh karena itu pastikan Anda berusaha menghindari kebiasaan mer*kok maupun terpapar asap r*kok. Karena, tidak hanya per*kok aktif, tapi Per*kok pasif juga memiliki risiko yang tidak kalah besar mengalami gangguan kesehatan paru-paru.

2. Tidak menggunakan masker saat naik motor. Keberadaan masker sama pentingnya dengan helm, sayangnya tak banyak yang menyadarinya. Padahal masker berfungsi melindungi paru-paru dari terpapar polusi asap dan debu serta radikal bebas yang siap mencemari pernafasan dan merusak paru-paru. Nah loh, masihkah Anda mengabaikan penggunaan masker?

3. Berlama-lama dalam mobil dalam kondisi AC menyala. Siapa sich tidak merasa nyaman saat naik mobil berAC? Sayangnya AC dalam mobil bisa membahayakan diri Anda jika dinyalakan terus menerus. Hal itu karena memudahkan penyebaran microorganism dan bakteri yang menyebabkan gangguan pernafasan dan paru-paru. Untuk itu, pastikan jaga kebersihan mobil dan nyalakan AC mobil secukupnya.

4. Menggunakan cairan pembersih lantai. Pernahkah Anda membayangkan jika cairan pembersih lantai yang sering Anda gunakan sehari-hari dapat membahayakan paru-paru? Hal itu karena kandungan kimia yang terdapat didalamnya bisa menguap dan menimbulkan masalah pernafasan kronis hingga reaksi alergi. Oleh karena itu, teliti dengan benar sebelum membeli cairan pembersih lantai atau lebih baik gunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan lantai.

5. Tidak memperhatikan gizi. Tidak memperhatikan gizi juga menjadi salah satu penyebab kerusakan paru-paru, karena seperti yang kita tahu, saat ini kadar polusi udara kian tinggi yang dapat mengganggu kesehatan paru-paru. Untuk menyelamatkan paru-paru, kita harus mencukupi kebutuhan Vitamin A yang mengandung antioksidan tinggi sehingga membantu menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel paru yang terkena zat toksin dan polutan.

6. Tidak mencuci tangan. Ada satu penyakit yang menyerang paru-paru, yakni Tuberkulosis (TBC), dimana salah satu penyebabkan adalah penularan bakteri melalui udara. Oleh karena itu, usahakan cuci tangan hingga bersih sebelum makan atau setelah beraktivitas di luar rumah, terutama setelah menjenguk pasien di rumah sakit.

Mengenal fungsi paru paru seperti yang tersebut di atas akan membuat kita menjadi mengerti bahwa tidak ada alasan lain bagi kita untuk tidak menjaga kesehatan paru - paru. Sebuah ungkapan "mencegah lebih baik daripada mengibati" itu sepenuhnya benar, karena setelah diobati belum tentu akan sembuh seperti sedia kala. Semoga bermanfaat, salam
Fungsi Paru - Paru Pada Manusia Yg Perlu Mendapat Perhatian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Poskan Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.