-->

Diet Cara Mudah Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Diet kolesterol tinggi. Dalam keseharian kita mungkin telinga kita sudah tidak asing lagi terhadap istilah "kolesterol". Pada umumnya kolesterol dianggap ancaman yang menakutkan pada tubuh kita, walaupun sebenarnya tubuh kita membutuhkan kolesterol. Bagaimanapun juga kolesterol tinggi dapat berakibat buruk bagi kesehatan kita, untuk itu harus segera ditemukan solusi cara menurunkan kolesterol sehingga menjadi normal kembali.

Namun perlu diingat ... kolesterol bisa berubah menjadi jahat bila jumlahnya melebihi ambang batas normal. Kelebihan kolesterol akan disimpan dan menempel pada dinding pembuluh darah yang semakin lama menjadi semakin tebal, pada umumnya kondisi ini tidak disadari oleh penderitanya. Akibatnya aliran darah yang melewati pembuluh darah menjadi tidak lancar, oksigen yang dibawa darah untuk mensuplai jantung dan otak otomatis menjadi lebih sedikit dari yang dibutuhkan. Ketidakseimbangan inilah yang bisa menjadi bibit penyakit jantung koroner.

Untuk mencegah kondisi yang lebih parah, perlu menerapkan diet cara menurunkan kolesterol yang tepat agar kadar kolesterol dapat terkendali. Ini adalah usaha alami untuk menjaga agar kadar kolesterol selalu dalam batas aman. 


Berikut ini adalah diet kolesterol yang tepat untuk menjaga kadar kolesterol tetap pada tingkat yang aman :
  • Konsumsi makanan rendah kolesterol. Mengurangi konsumsi produk hewani yang kaya akan kolesterol, seperti : otak, jeroan, kuning telor, daging merah, dan lemak hewani.
  • Tingkatkan konsumsi ikan daripada daging. Konsumsi ikan lebih dianjurkan karena ikan mengandung asam lemak omega 3 yang berperan dalam membentuk prostasiklin yang akan mencegah penyakit jantung koroner, dan meningkatkan pelebaran pembuluh darah.
  • Tingkatkan konsumsi serat, khususunya serat yang larut dalam air. Serat yang larut dalam air akan menghambat penyerarapan kolesterol di dinding usus. Serat ini bisa didapat pada buah dan sayuran seperti : labu siam, terong, oyong, lobak, melon, semangka, belimbing dan jambu. Konsumsi juga makanan berserat tinggi yang larut dalam air seperti : agar - agar, rumput laut, kolang - kaling, dan cincau.
  • Konsumsi susu kedelai. Susu jenis ini sebagai alternatif sumber kalsium dan forfor
    diet-kolesterol
    sebagai pengganti susu sapi. Termasuk dalam hal ini adalah bahan makanan  berbasis kedelai. Sumber makanan ini dapat kita peroleh dari tahu, tempe dan susu kedelai. Pelajari juga : cara membuat susu kedelai penurun kolesterol
  • Pengolahan bahan makanan dengan tepat. Yang tak kalah penting untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal adalah dengan menggunakan cara pengolahan makanan dengan tepat. Meski makanan yang dipilih sudah berkolesterol rendah, namun kalau dimasak dengan minyak yang mengandung minyak jenuh, tetap saja makanan itu mengandung kolesterol tinggi.

Dengan langkah - langkah menerapkan pola makan seperti di atas, kita sudah dapat mencegah kolesterol tinggi, paling tidak dengan diet tersebut ada upaya untuk mengontrol pola makan kita, itu sudah menjadi bagian dari cara menurunkan klesterol sehingga tidak semaunya yang dapat membahayakan bagi kesehatan kita. Lebih bijaknya, disamping menerapkan diet kolesterol seperti di atas juga diimbangi dengan pemeriksaan dokter, itu akan memastikan kadar kolesterol tetap terjaga.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel