-->

Mengenal Penyakit Kanker Lidah

Kanker lidah mulai dikenal luas di tengah masyarakat kita. Tingkat penyebarannya pun mulai merata di wilayah Indonesia. Satu hal yang perlu membuat kita waspada adalah ternyata kanker lidah ini menular saat kontak melalui mulut. Seperti halnya dengan jenis kanker lainnya, kanker lidah jiga mematikan, tingkat kesembuhannya juga tergantung seberapa fase perkembangan ( stadium ) kanker saat dilakukan pengobatan. Lalu apa sebenarnya penyakit kanker lidah ini?

PENGERTIAN KANKER LIDAH

Kanker lidah merupakan tipe kanker yang berkembang di mulut. Pada dasarnya lidah dibagi jadi 2 bagian, ialah bagian depan yang terdapat di dalam mulut serta bagian balik ataupun akar yang terdapat di dekat kerongkongan.

Kanker lidah ditemui pada 2 atau 3 bagian depan lidah. Bila dijumpai pada 1 atau 3 bagian belakang lidah, maka digolongkan sebagai kanker orofaring.

Tipe sangat biasa dari kanker lidah merupakan SCCA( Squamous Cell Carcinoma), ialah kanker yang berawal dari sel skuamosa. Sel ini ialah sel yang menyelimuti lidah serta berupa ceper.

Bagi anda yang peminum dan perokok harus hati - hati. Kebiasaan merokok, minum- minuman alkohol, tidak melindungi kesehatan mulut dapat menimbulkan kanker lidah. Kanker lidah merupakan tipe kanker yang diawali di sel- sel lidah yang setelah itu justru bertumbuh jadi lesi ataupun tumor pada lidah. Tidak hanya kebiasaan kurang baik yang diakibatkan di atas, peradangan human papiloma virus( HPV) yang ditularkan lewat seks oral pula dapat menyebabkan kanker lidah.

kanker lidah


YANG DIALAMI PENGIDAP KANKER LIDAH

Pada umumnya pengidap kanker lidah merasakan beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Rasa perih ketika menelan, perih pada lidah ataupun kerongkongan yang tidak hilang
  • Ruam kemerahan ataupun berwarna putih pada lidah yang tidak bisa hilang
  • Munculnya sariawan atau tonjolan lidah yang tidak sembuh
  • Mengalami perdarahan lidah yang tidak dikenal penyebabnya
  • Rasabaal pada mulut
  • Mengalami keluhan serupa radang kerongkongan yang tidak sembuh
  • Merasa seperti kesulitan menggerakkan lidah serta rahang

BAWANG PUTIH Bagaikan Kontra KANKER LIDAH

Tidak hanya memiliki alisin sebagai kontra peradangan serta kontra kolesterol, bawang putih dikenal dapat menghindari bertumbuhnya sel kanker sebab kemampuannya bagaikan agen anti proliferasi( perkembangan sel) serta indoktor apotosis( kematian sel yang terprogram) pada sel kanker.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel