Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Jenis Dan Macam Penyakit Jantung Yang Wajib Diwaspadai

Macam - macam penyakit jantung. Macam penyakit jantung sebenarnya ada banyak sekali, yang kesemuanya merupakan gangguan dan kerusakan pada organ jantung sehingga organ vital tersebut tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Masing - masing dari jenis atau macam penyakit jantung tersebut memiliki karakteristik yang berbeda karena menyerang pada bagian - bagian jantung yang berbeda sehingga istilah penyakit jantung-nya pun berbeda.

Untuk mengenali macam - macam penyakit jantung, di bawah ini kami ulas masing - masing penyakit jantung secara ringkas, mudah - mudahan perbedaannya dapat dipahami dengan mudah :

1. Jantung koroner ( coronary artery disease ) atau penyakit jantung iskemik.  Berbicara tentang macam - macam penyakit jantung, yang satu ini cukup populer. Penyakit jantung yang mematikan ini terjadi apabila aterosklerosis terjadi pada dinding arteri jantung, maka disebut penyakit jantung koroner. atau penyakit jantung iskemik. Penyakit jantung koroner terjadi karena pembuluh arteri jantung yang memasok darah ke jantung mengalami penyumbatan karena mengeras.

2. Kardiomiopati. Lain dengan macam penyakit jantung yang dijelaskan di atas, penyakit jantung yang satu ini merupakan kerusakan / gangguan otot jantung sehingga menyebabkan dinding - dinding jantung tidak bergerak sempurna dalam menyedot dan memompa darah. Jenis penyakit jantung yang satu ini sering berisiko terkena arritmia dan gagal jantung mendadak. Kardiomiopati masih dibagi lagi menjadi : kongestif, hipertrofik, restriktif dan peripartum.

3. Aterosklerosis. Adalah merupakan penebalan dinding arteri sebelah dalam karena endapan plak ( lemak, kolesterol, dan buangan sel lainnya ) sehingga menghambat dan menyumbat pasokan darah ke sel - sel otot.

4. Infark miokard akut. Kondisi ini melengkapi macam penyakit jantung di atas. Infark miokard adalah kematian otot jantung karena penyumbatan pada arteri koroner. Sehingga otot - otot jantung yang tidak tersuplai darah akan mengalami kerusakan atau kematian mendadak.

5. Inflamasi jantung. Jenis penyakit jantung ini dapat terjadi pada dinding jantung ( miokarditis ), selaput yang menyelimuti jantung ( perikarditis ), atau bagian dalam ( endokarditis ), hal ini dapat disebabkan racun atau infeksi.

6. Arritmia. Merupakan irama jantung yang tidak normal, karena adanya gangguan rangsang pada jantung.

7. Gagal jantung kongestif. Merupakan ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh, jantung memompa darah tidak sekuat yang seharusnya. Akibatnya darah bisa berbalik ke paru - paru dan bagian tubuh lainnya.

8. Fibrilasi atrial. Merupakan gangguan ritme listrik jantung yang mengganggu atrial, yang

jenis macam macam penyakit jantung
menyebabkan kontraksi otot jantung tidak beraturan dan memompa darah tidak efisien. Akibatnya, atrium jantung tidak sepenuhnya mengosongkan darah menuju serambi ( ventrikel ).

9. Kelainan katup jantung. Kelainan ini dapat terjadi sebagai bawaan lahir maupun karena infeksi ataupun efek samping pengobatan, yang mengakibatkan fungsi katup jantung untuk mengendalikan arah aliran darah dalam jantung menjadi terganggu.

10. Penyakit jantung rematik. Mungkin anda berpikir, apa bedanya rematik pada macam - macam penyakit jantung dengan rematik persendian atau tulang. Yang  jelas ini berbeda karena terjadi pada jantung. Penyakit jantung rematik terjadi karena adanya kerusakan pada katup jantung karena demam rematik yang disebabkan oleh bakteri streptokokus.

Begitu banyak macam penyakit jantung, gangguan atau kerusakan pada satu bagian jantung akan berpengaruh pada kerja jantung secara keseluruhan sehingga organ jantung tidak dapat menjalankan fungsi jantung secara optimal, inilah mengapa terjadi penyakit jantung. Tidak bisa tidak, kita wajib menjaga kesehatan jantung mengingat manusia tidak dapat hidup tanpa jantung.
Jenis Dan Macam Penyakit Jantung Yang Wajib Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Poskan Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.