-->

Ciri, Tanda, Gejala Penyakit Kolesterol Ini Biasanya Tidak Disadari

Gejala kolesterol. Dalam keseharian kita, karena mungkin disibukkan pekerjaan membuat kita kurang memperhatikan kondisi yang tidak normal pada tubuh kita, artinya ada gejala atau tanda - tanda yang tidak biasa. Kadang kita berpikir, kondisi yang tidak biasa tersebut sebagai tanda kita kecapaian saja, padahal bisa saja itu merupakan gejala penyakit. Yang akan kita bahas di sini adalah tentang ciri - ciri, gejala atau tanda - tanda seseorang mengalami kolesterol tinggi.

Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit, ini biasanta tidak disadari penderitanya pada saat gejala kolesterol baru muncul. Pola makan sehat dan menjauhi segala pantangan kolesterol merupakan cara yang tepat untuk menghindari penyakit kolesterol tinggi. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol bisa diketahui pada saat kita menjalani pemeriksaan laboratorium, namun ciri - ciri penyakit kolesterol sebenarnya bisa dirasakan secara fisik. Tanda - tanda yang muncul sangat khas sehingga akan berbeda dengan penyakit lainnya.

Berikut ini adalah ciri - ciri, tanda atau gejala penyakit kolesterol yang umumnya dirasakan penderitanya :

1. Kaki dan Tangan terasa kesemutan. Tanda - tanda kolesterol ini mungkin paling populer. Biasanya orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi

ciri - ciri, tanda gejala penyakit kolesterol
sering mengalami kesemutan pada kaki dan tangan. Biasanya rasa kesemutan ini terjadi ketika seseorang sedang duduk dalam waktu yang cukup lama atau aktivitas lain yang melibatkan kaki dan tangan. Apabila anda salah satu yang sering mengalami hal ini, anda perlu mewaspadai dan periksalah kadar kolesterol anda di rumah sakit atau dokter keluarga anda.

2. Dada sebelah kiri seperti tertusuk. Dada sebelah kiri berhubungan dengan organ pemompa darah yaitu jantung. Penyumbatan di pembuluh darah sekitar jantung dapat mengakibatkan rasa nyeri seperti ditusuk. Bahkan rasa nyeri bisa menjalar hingga ke daerah di sekitar leher. Nyeri dada juga bisa menjadi tanda-tanda dari serangan jantung.

3. Cepat mengantuk. Penyempitan pembuluh darah akibat kolesterol membuat aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat, inilah yang membuat orang sering mengantuk.

4. Tengkuk terasa berat, pegal dan tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh terhambatnya suplai darah dan oksigen karena adanya sumbatan berupa penumpukan plak pada pembuluh darah. Jika ciri ciri fisik tersebut muncul memang yang lebih tepat adalah segera perika ke dokter.

5. Sering merasa sakit kepala atau pusing bagian belakang kepala. Ini bukan sakit kepala biasa, hal ini terjadi karena pengerasan pembuluh darah yang mengakibatkan alirah darah yang mengalir ke otak menjadi terhambat. Jika merasa sakit kepala dan sudah minum obat sakit kepala tetapi tidak sembuh hingga beberapa hari, bisa saja ini merupakan ciri - ciri tanda atau gejala kolesterol tinggi. Pemeriksaan adalah langkah yang bijak untuk mencegah kondisi penyakit kolesterol yang lebih parah.

6. Mudah lelah dan terasa pegal pada tangan dan kaki. Gejala penyakit kolesterol yang satu ini biasanya tidak disadari, dan dianggap kecapaian saja. Kadar kolesterol tinggi mengakibatkan daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga hanya dengan aktivitas kecil saja terasa sangat lelah di tubuh. Sehingga lelah di sini merupakan kondisi yang tidak normal seperti biasanya. Kondisi ini termasuk ciri - ciri kolesterol tinggi yang tidak disadari penderitanya.

Jika kita melihat ciri - ciri, tanda atau gejala penyakit kolesterol di atas, sebenarnya sangat khas dan sudah selayaknya kita curiga bahwa ada penyakit tertentu yang sedang kita alami sehingga kita perlu segera memeriksakan diri ke dokter, untuk mendapatkan solusi obat kolesterol yang tepat.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel