-->

Penyakit Pada Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Penyakit pada ginjal ada banyak ragamnya, kesemuanya itu terjadi akibat organ ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Rusaknya ginjal tentu berakibat buruk pada sistem metabolisme tubuh.

Makanan tertentu atau perilaku tertentu memang tidak serta merta menimbulkan penyakit ginjal, namun dalam jangka panjang akan merusak fungsi - fungsi ginjal, hal inilah yang memicu timbulnya penyakit pada ginjal.


MACAM - MACAM KELUHAN PENYAKIT PADA GINJAL

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit pada ginjal :

1. Batu ginjal

Ini merupakan penyakit pada ginjal yang populer karena banyak penderitanya di sekitar kita. Kondisi dimana zat-zat dan mineral tertentu di dalam darah yang akhirnya membatu di dalam ginjal dan menghambat aliran urine pada sistem saluran kemih.

2. Anuria

Penyakit yang satu ini mngkin kedengarannya agak asing di telinga kita. Merupakan penyakit pada ginjal yang disebabkan kegagalan ginjal dalam memproduksi urine sebagai akibat dari kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi darah dalam ginjal.

3. Albuminuria

Penyakit ginjal apalagi ini ya. Kondisi ginjal yang mengalami kelainan yang disebabkan oleh naiknya tingkat permeabilitas membrane glomerulus. Hal ini terjadikarena adanya luka di membrane glomerulus akibat kenaikan darah, iritasi pada sel-sel ginjal akibat eter, bakteri, logam berat, dan zat lainnya. 

4. Glikosuria

Merupakan penyakit pada ginjal yang ditandai dengan adanya kandungan gula dalam urine sebagai akibat dari rusaknya badan malpigi yang bertugas untuk menyaring darah.

5. Bilirubin

Penyakit ginjal yang satu ini disebabkan karena penguraian hemoglobin yang berlebihan atau akibat disfungsi hati. Kondisi ini membuat zat warna empedu atau bilirubin yang berlebihan pada urine. Dalam hal jumlah bilirubin yang diproduksadanya sumbatan, atau peradangan hati. Jika jumlah bilirubin dalam tubuh menjadi terlalu banyak, terlalu banyak, kulit dan bagian putih pada mata kita akan mulai terlihat menguning.

6. Glomerulonefritis

Penyakit pada ginjal yang satu ini sering disebut sebagai radang ginjal. Kondisi ini disebabkan karena reaksi alergi terhadap racun yang diproduksi bakteri Streptococcus. Penyakit ini ditandai dengan kerusakan pada glomelurus akan menyebabkan terbuangnya darah serta protein melalui urine.

7. Pielonefritis

Merupakan penyakit pada ginjal yang berupa infeksi pada ginjal. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal.Ketika ini terjadi, seseorang akan membutuhkan cuci darah dan kemudian transplantasi ginjal.

8. Polikistik

Merupakan penyakit pada ginjal yang ditandai dengan munculnya kista di sepanjang saluran. Kondisi ini juga menyebabkan bagian ginjal yang berfungsi menyaring darah akan rusak. Kista yang makin membesar dapat memicu terjadinya gagal ginjal. 

9. Hematuria

Merupakan penyakit pada ginjal yang ditandai dengan adanya iritasi atau radang pada sel-sel ginjal. Kondisi di mana urine mengandung sel-sel darah merah. Gejala-gejala yang menyertai hematuria akan tergantung pada penyebab dasarnya, seperti sakit pada perut bagian bawah, kesulitan buang air kecil atau bahkan frekuensi buang air kecil yang meningkat.


penyakit pada ginjal


MAKANAN YANG DAPAT MEMICU PENYAKIT PADA GINJAL

Beberapa jenis makanan berikut ini dapat meningkatkan risiko penyakit pada ginjal anda, antara lain :

1. Garam

Garam halus mengandung sekitar 40% natrium dan juga zat pemutih serta dekstrosa. Garam telah terbukti dapat meningkatkan jumlah protein di dalam urin yang merupakan faktor utama pembentuk risiko penurunan fungsi ginjal. Untuk menjaga kesehatan ginjalmu, pastikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 6 gram garam setiap hari.

2. Alkohol

Bagaimana alkohol bisa memicu penyakit pada ginjal? Alkohol dapat menaikkan kadar asam urat di dalam tubuh, kondisi inilah yang bisa memicu penyakit ginjal. 

3. Daging sapi

Daging sapi merupakan makanan yang mengandung protein hewani tinggi. Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah. Sedangkan asam yang tinggi di dalam darah dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis, yaitu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat.

4. Soda

Hati - hatilah dengan minuman yang mengandung soda, ini bisa berakibat buruk pada ginjal anda. Fruktosa juga dapat merusak ginjal dan dapat menyebabkan ginjal menjadi sensitif terhadap protein yang mengatur garam. Sensitivitas ini diyakini dapat menyebabkan gagal ginjal, hipertensi, dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, soda juga mengandung asam fosfat yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

5. Kopi

Kopi memang minuman penghangat yang banyak penggemarnya, namun ternyata bisa berisiko penyakit ginjal karena mengandung kafein tinggi. Kafein dapat merangsang aliran darah dan dapat meningkatkan tekanan darah. Hal itu dapat mengakibatkan ginjal menjadi berbagai gangguan. 

6. Kacang-Kacangan

Tahukah anda, kacang-kacangan memiliki kandungan protein dan fosfor yang tinggi. Mengonsumsi kacang-kacangan sangat tidak baik bagi penderita penyakit ginjal. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel