Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Mengenal Penyakit Jantung

Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah suatu kondisi dimana fungsi jantung tidak dapat bekerja sebagaimana semestinya, ini terjadi karena suplay darah ke otot - otot jantung tersumbat. Penyakit jantung merupakan pembunuh no. 1 di Indonesia atau bahkan di dunia. 

Fungsi - fungsi organ jantung yang tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya dapat mengakibatkan serangan jantung. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, disamping karena terhambatnya suplay darah ke otot - otot jantung terhambat, bisa juga dikarenakan penggunaan obat  yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) yang berlebihan.

Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi makanan cepat saji ( junk food ), makanan yang digoreng juga beresiko terkena penyakit jantung. aneka ragam cemilan dan daging.


Faktor Risiko Penyakit Jantung

Berikut ini adalah beberapa faktor risiko terjadinya penyakit jantung sebagai berikut :
    penyakit jantung
  1. Memasuki usia 45 tahun bagi pria. Sangat penting bagi kaum pria untuk menyadari kerentanan mereka dan mengambil tindakan positif untuk mencegah datangnya penyakit jantung. Bagi wanita, memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini (sebagai akibat operasi).
  2. Wanita mulai menyusul pria dalam hal risiko penyakit jantung setelah mengalami menopause.
  3. Riwayat penyakit jantung dalam keluarga. Riwayat serangan jantung di dalam keluarga sering merupakan akibat dari profil kolesterol yang tidak normal.
  4. Diabetes. Kebanyakan penderita diabetes meninggal bukanlah karena meningkatnya level gula darah, namun karena kondisi komplikasi penyakit jantung mereka.
  5. Merokok. Resiko penyakit jantung semakin tinggi jika mempunyai kebiasaan merokok.
  6. Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  7. Kegemukan (obesitas). Obesitas tengah (perut buncit) adalah bentuk dari kegemukan. Walaupun semua orang gemuk cenderung memiliki risiko penyakit jantung, orang dengan obesitas tengah lebih-lebih lagi.
  8. Gaya hidup buruk. Gaya hidup yang buruk merupakan salah satu akar penyebab penyakit jantung - dan menggantinya dengan kegiatan fisik merupakan salah satu langkah paling radikal yang dapat diambil.
  9. Stress. Banyak penelitian yang sudah menunjukkan bahwa, bila menghadapi situasi yang tegang, dapat terjadi arithmias jantung yang membahayakan jiwa.
  10. Minum Alkohol. Banyak meminum alkohol dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan gagal jantung dan stroke. Meminum alkohol juga dapat meningkatkan trigliserida, menyebabkan kanker dan detak jantung tidak beraturan yang memicu penyakit jantung.

Anggapan Salah Tentang Penyakit Jantung

Berikut ini adalah anggapan yang salah tentang penyakit jantung :
  • Penyakit jantung hanya menyerang pada orang gemuk saja.
  • Penyakit jantung tidak menyerang pada anak - anak atau orang usia muda.
  • Penyakit jantung tidak menyerang pada wanita.
  • Penyakit jantung hanya ada satu jenis saja.
  • Jantungnya sehat tidak mungkin terkena serangan jantung.
  • Penyakit jantung tidak ada hubungannya dengan stroke.
  • Penyakit jantung merupakan penyakit keturunan.
  • Penyakit jantung tidak dapat dicegah.
  • Penyakit jantung terjadi karena sering dikagetkan.
  • Penyakit jantung terjadi karena banyak mengkonsumsi jantung pisang.
Mengingat begitu mengerikannya penyakit jantung, lebih bijaksana kalau kita menjaga kesehatan sejak dini. Anda dapat menemukan tips kesehatan lainnya pada halaman selanjutnya.

Mengenal Penyakit Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Posting Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.