-->

Penyebab Paru Paru Basah Ini Wajib Diwaspadai

Penyebab paru - paru basah. Ada banyak kasus penyakit paru - paru basah mendapatkan penanganan yang terlambat, sehingga penyakit terlanjur menjadi parah. Pada umumnya penderita penyakit paru - paru basah tidak menyadari jika dirinya sudah terjangkiti penyakit tersebut, mereka mengira gejala penyakit paru - paru basah yang muncul sebagai penyakit biasa yang tidak perlu dikhawatirkan.

Kurangnya pengetahuan tentang gejala paru - paru basah dan penyebabnya membuat penyakit ini lebih mudah menyerang dan terlambat dicegah, pada tahap ini fungsi paru paru telah rusak, apalagi bagi mereka yang termasuk ke dalam orang - orang yang berisiko penyakit paru - paru basah, mereka akan lebih mudah terserang paru - paru basah.



KUMAN PENYEBAB PARU PARU BASAH

# Bakteri

Ada beberapa bakteri yang menjadi penyebab penyakit paru - paru basah antara lain :

1. Streptococcus pneumoniae. Adalah bakteri Gram-positif yang termasuk dalam genus streptococcus yang merupakan bakteri yang paling bertanggung jawab dalam kasus penyakit radang paru paru basah. Bakteri penyebab paru - paru basah yang satu ini termasuk populer, bakteri ini ditemukan pada 50 % penderita paru - paru basah yang ada.

2. Haemophilus influenzae. Penyebab paru - paru basah yang satu ini juga termasuk populer. Bakteri Gram-Negatif ini pertama kali dijelaskan pada tahun 1892 oleh Richard Pfeiffer di mana bakteri ini sebagai salah satu penyebab influenza dan penyakit paru paru basah , Pada kasus penyakit paru paru basah di temukan 20% kasus di akibatkan karena infeksi bakteri jahat ini .

3. Chlamydophila pneumoniae. Bakteri yang termasuk dalam spesies bakteri Chlamydophila ini juga bertanggung jawab atas serangkaian serangan penyakit paru paru basah ,Pada kasus penyakit paru paru basah bakteri ini bertanggung jawab atas 13% kasus dimana bakteri ini selain dapat menyebabkan paru paru basah juga dapat menyebabkan bronkitis .

4. Mycoplasma pneumonia. Bakteri penyebab paru - paru basah ini biasanya ditemukan pada orang orang yang tinggal di tempat padat seperti sekolah, tempat penampungan tunawisma dll. Jika anda bertempat tinggal di lokasi seperti ini harus hati - hati karena anda memiliki resiko tinggi untuk mengalami penyakit paru paru basah ini .


# Virus

penyebab paru paru basah

Virus pernapasan menyebabkan hingga sepertiga dari seluruh kasus pneumonia. Virus ini merupakan penyebab paru paru basah yang umum menyerang anak-anak di bawah 5 tahun. Sebagian besar kasus berupa radang paru-paru ringan yang dapat membaik sekitar 1 sampai 3 minggu tanpa pengobatan. Beberapa kasus bisa terjadi lebih serius dan mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit. Jika seseorang mengalami paru-paru basah yang disebabkan oleh virus, maka ia juga berisiko mendapatkan pneumonia bakteri. Virus flu adalah virus penyebab paru paru basah paling umum pada orang dewasa. Virus lain yang menyebabkan pneumonia termasuk virus pernapasan syncytial, rhinovirus, virus herpes simpleks, sindrom pernafasan akut parah (SARS), flu burung dan banyak lagi.

# Jamur
Ada tiga jenis jamur tanah yang dapat menjadi penyabab paru paru basah, jamur ini adalah: Coccidioidomycosis, Histoplasmosis, Cryptococcus.

Infeksi jamur serius paling umum terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat penggunaan jangka panjang obat-obatan untuk menekan sistem kekebalan tubuh, misalnya obat setroid atau pada mereka yang memiliki HIV / AIDS.


FAKTOR RISIKO PENYAKIT PARU PARU BASAH

Selain penyebab paru paru basah yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa kondisi yang mengakibatkan seseorang sangat rentan terkena penyakit paru paru basah, seperti berikut ini :

  • Merokok
  • Peminum alkohol
  • Riwayat pernah menderita infeksi pernapasan sebelumnya
  • Menurunnya daya tahan tubuh karena penyakit autoimun
  • Sedang konsumsi obat tertentu (seperti obat golongan corticosteroida atau kemoterapi)
  • Penyakit kronis lain dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini
  • Orang yang sedang menderita penyakit asma, jantung, ginjal, dan hati lebih rentan terkena penyakit ini.
  • Berdomisili di wilayah padat penduduk.
  • Anak yang berumur kurang dari 2 tahun,
  • Orang tua yang berumur di atas 65 tahun
  • Riwayat rawat inap di rumah sakit,pernah menderita paru paru basah sebelumnya
  • Riwayat penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dapat meningkatkan risiko terjadinya pneumonia atau paru paru basah.
  • Seseorang yang sehari - harinya terpapar ruangan ber AC.
  • Memiliki peliharaan hewan peliharaan.

Dengan memahami beberapa penyebab paru paru basah diharapkan akan membuat kita lebih waspada terhadap segala kondisi yang tentan terkena penyakit paru paru basah.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel