-->

11 Khasiat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Pitaya (biasa disebut buah naga) sebenarnya berasal dari benua Amerika. Buah ini banyak tersedia di Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun buah naga kini banyak ditemukan di seluruh dunia, termasuk salah satunya di Indonesia.

Khasiat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan dan kecantikan

Tentu anda tidak akan pernah mengira bahwa khasiat buah naga merah ternyata begitu besar, antara lain :

1. Mencegah Kanker

Inilah ciri-ciri buah naga merah yang paling menakjubkan. Seperti yang kita ketahui bersama, kanker merupakan penyakit kedua yang paling mematikan setelah serangan jantung. Penyakit kanker memang sulit untuk diobati, namun buah naga merah ini dapat dikonsumsi untuk mencegahnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago, buah naga mengandung antioksidan tingkat tinggi. Manfaat antioksidan sendiri adalah dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan kanker.

Dapat dikatakan bahwa kandungan antioksidan pada buah naga hampir sama dengan kandungan antioksidan pada buah manggis yang sangat fenomenal.

2. Mengurangi Penyakit Diabetes

Diabetes dapat disebabkan oleh kadar gula darah yang cukup tinggi. Semakin tinggi kadar gula darah maka semakin tinggi pula risiko terjadinya diabetes.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa menurunkan risiko diabetes dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Dengan kandungan vitamin B1 yang rendah dan tingkat indeks glikemik yang rendah, maka kadar gula darah Anda tidak akan naik, bahkan turun.

Kami sangat merekomendasikan buah naga kepada mereka yang memiliki riwayat keluarga diabetes. Karena orang dengan riwayat keluarga 6 kali lebih mungkin terkena diabetes.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung, diabetes dan kanker adalah penyakit yang sangat mematikan. Karena penyakit ini, terlalu banyak orang meninggal setiap menitnya.

Manfaat buah naga berkaitan dengan jantung, buah ini kaya akan kalium. Kandungan mineral kalium ini dipercaya dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga membuat jantung kurang efektif dalam mendistribusikan darah ke berbagai bagian tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor merupakan nutrisi yang cukup baik untuk tulang, karena kandungan mineral alami tersebut dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Selain mengonsumsi produk olahan susu, Anda juga bisa memperoleh nutrisi kalsium dan fosfor tersebut dengan mengonsumsi buah naga.

Menurut FAO (badan PBB yang bertanggung jawab atas makanan), buah naga mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi. Untuk orang dewasa, rahim dapat memperkuat tulang, dan untuk anak-anak berusia antara 10 hingga 20 tahun, rahim dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan menambah tinggi badan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Efek buah naga merah selanjutnya bagus untuk mata. Buah naga memiliki kandungan β-karoten yang tinggi yang sangat efektif untuk pengobatan alami kesehatan mata dan pencegahan degenerasi makula.

Radikal bebas (seperti sinar UVA dan UVB) sangat merugikan kondisi mata kita, karena radiasi ini dapat merusak sel dan jaringan mata.

Namun Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi buah naga, karena buah ini mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas tersebut.

6. Baik untuk Diet

Siapa yang ada dalam rencana diet penurunan berat badan? Jika Anda salah satunya, silahkan masukkan buah naga merah dalam menu diet sehat harian Anda.

Menurut ahli gizi, buah naga mengandung senyawa serat dan kalori yang sangat rendah, dan kandungan ini tidak akan membuat Anda gemuk. Padahal, kandungan seratnya akan membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat buah naga, silahkan konsumsi buah naga secara rutin minimal sehari sekali. Anda bisa membuat jus buah pitaya agar tidak bosan saat makan buah.

7. Menjaga Kekebalan Tubuh

Sistem imun sangat penting untuk kesehatan Anda, karena jika sistem imun tidak baik, berbagai penyakit dapat dengan mudah menyerang tubuh manusia. Baik itu penyakit ringan seperti batuk, pilek, flu, demam, atau penyakit yang berbahaya seperti HIV / AIDS.

Konsumsi buah naga merah secara rutin dapat menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah ini kaya akan senyawa vitamin C, protein dan kalium. Kandungan tersebut bermanfaat untuk sistem imun.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

Keunggulan dari buah naga merah yang menarik adalah dapat melancarkan sistem pencernaan anda. Karena kandungan vitamin B1 yang tinggi dan serat terlarut, manfaat buah naga bisa muncul.

Tak hanya melancarkan sistem pencernaan, nutrisinya juga bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti masalah diare, usus, disentri dan lain sebagainya.

khasiat buah naga merah


9. Menjaga Kesehatan Gigi

Kalsium dan fosfor dalam buah naga tidak hanya berkhasiat untuk tulang, tetapi bahan ini juga dianggap memiliki nutrisi yang cukup untuk merawat kesehatan gigi secara alami.

Konsumsi buah naga secara rutin dapat mengatasi masalah kerusakan gigi, sakit gigi bahkan gusi berdarah. Namun saat membuat jus buah naga, jangan menambahkan gula. Karena gula membuat gigi rentan pori-pori dan gigi berlubang.

10. Mendeteksi Borak dan Formalin

Saat ini, banyak makanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya, seperti boraks dan formalin. Umumnya makanan yang mengandung bahan pengawet adalah mie, daging, tahu, bakso, dll.

Anda bisa menggunakan jus manggis untuk mengecek kandungan boraks dan formalin dalam makanan. Misalnya, tuangkan tahu ke dalam air rendaman dengan sedikit jus manggis.

Setelah 15 menit, coba amati banyaknya air yang direndam ke dalam tahu. Jika Anda meletakkan tisu di dalamnya, tisu tersebut akan berubah menjadi merah, yang berarti makanan tersebut mengandung formalin.

11. Baik untuk ibu hamil

Khasiat buah naga merah juga bagus untuk ibu hamil. Hal ini terjadi karena buah naga mengandung vitamin, asam folat, dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan janin agar tetap sehat.

Kandungan dalam buah naga tidak hanya membantu menjaga kesehatan janin dan ibu hamil, tetapi juga sangat efektif dalam mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Agar buah naga memiliki manfaat kehamilan, sebaiknya jus buah naga dikonsumsi sejak trimester pertama hingga persalinan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel