-->

Obat Asam Urat : Tradisional, Alami Dan Efektif

Obat Asam Urat

Obat asam urat sebenarnya banyak bertebaran di luar sana, semuanya mengklaim dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Padahal kenyataannya tidak ada obat yang efektif tanpa adanya perawatan yang yang tepat dan konsisiten, tidak ada obat instan untuk penyakit asam urat. 

Sebelum membicarakan obat asam urat, terlebih dahulu kita hentikan  atau kita hindari apa saja yang menjadi penyebab asam urat, salah satunya adalah memperbaiki pola makan yang sehat. Hindari jenis makanan yang merupakan sumber pemicu asam urat.

Obat asam urat akan bekerja lebih efektif jika dibarengi dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang benar. Mengkonsumsi makanan yang direkomendasikan, sangat membantu dalam pengobatan penyakit asam urat ini. 



Obat Asam Urat

Berikut ini beberapa ramuan obat asam urat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat :
  • Ramuan I. Bahan: 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 15 gram jahe merah, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 10 butir lada, 200 gram ubi jalar merah, 1000cc air bersih. Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 1000cc air hingga tersisa 500cc. Lalu disaring dan minum airnya. Diminum 3 kali sehari masing-masing 100cc setiap kali minum.
  • Ramuan II. Bahan: 5 butir kapulaga, 15 gram jahe, 5 butir cengkeh, 10 butir lada, 5 gram biji pala, 1 jari kayu manis, 5 gram bangle, 400cc air bersih.  Cara pengobatan: semua bahan direbus dalam 400cc air hingga tersisa 200cc. Kemudian airnya disaring dan setelah dingin diminum. Diminum 3 kali sehari masing-masing 100cc setiap kali minum.
  • Ramuan III. Bahan: 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 4 lembar daun sosor bebek, 5 gram biji pala, 1 jari kayu manis, 10 gram jahe, 600cc air bersih.  Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 600cc air hingga tersisa 300cc. Kemudian airnya disaring dan diminum 3 kali sehari masing-masing 100cc setiap kali minum.


Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Disamping obat asam urat, berikut ini daftar makanan yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh  yang layak dikonsumsi :
  1. Makanan Kaya Vitamin C. Sertakan makanan dan suplemen kaya Vitamin C dalam menu harian kita, untuk mengurangi asam urat dalam tubuh dan melarutkannya dalam darah dengan mudah.
  2. Buah Cherry. Cherry merupakan salah satu pengobatan alami untuk mengurangi dan mengobati asam urat secara alami. Cherry memiliki sifat anti-inflamasi bernama anthocyanin, yang sempurna untuk mengurangi kadar asam urat.
  3. Susu Rendah Lemak. Produk susu rendah lemak seperti susu atau yogurt, dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh secara alami.
  4. Jeruk nipis. Buah jeruk nipis dapat melarutkan tubuh dari asam urat. Perasan jeruk nipis juga bisa membuang racun tubuh.
  5. Buah berries. Buah-buahan segar seperti stroberi dan blueberry juga dapat membantu mengurangi dan meningkatkan pengobatan asam urat.
  6. Kentang. Sayuran mentah seperti kentang atau jagung pun efektif untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Kentang dapat dinikmati mentah atau dikukus.
  7. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti yogurt, dan pisang.
  8. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
  9. Buah - buahan seperti: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  10. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  11. Banyak minum air putih, karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.


Tips Tambahan Disamping Obat Asam Urat 

Disamping mengkonsumsi obat  tradisional asam urat di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi penderita penyakit asam urat, seperti berikut ini :
  1. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.
  2. Jangan minum aspirin.
  3. Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.
  4. Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  5. Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti jeroan (hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak), hindari makanan laut (udang, kerang, cumi, kepiting); makanan kaleng (kornet, sarden dan ekstrak daging), telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  6. Menghindari makanan seperti emping, melinjo, kangkung dan bayam, daun singkong, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol. 
  7. Hindari kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom) dan susu kedelai.
  8. Menghindari makan buah durian, alpukat, nanas, air kelapa.
  9. Hindari minuman dan makanan beralkohol.
  10. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit, maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
Demikianlah beberapa cara membuat obat asam urat tradisional untuk mengobati penyakit asam urat. Walaupun cara tradisional, namun bila dilakukan dengan teratur dan konsisten, hasilnya bagus juga, penyakit asam urat dapat sembuh alami. Jika anda adalah penderita, tidak ada salahnya obat tradisional asam urat di atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel