-->

Penyebab Penyakit Jantung Paling Polpuler

Penyebab Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jantung. Jantung adalah salah satu organ vital dalam anatomi tubuh manusia. Jantung berfungsi untuk memompakan darah, oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh. Sehingga apabila kerja ajantung terhambat maka akan menyebabkan kerusakan pada fungsi - fungsi pada organ tubuh yang lain.

Mengingat begitu pentingnya peranan jantung bagi kesehatan tubuh manusia, sudah seharusnya kita menjaga kesehatan jantung. Jantung yang tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya akan berpotensi terkena serangan jantung. ini merupakan penyebab penyakit jantung secara umum.

Untuk mencegah dan menghindari kemungkinan terserangnya penyakit jantung, kita harus memahami hal - hal yang dapat menjadi penyebab sakit jantung


Penyebab Utama Penyakit Jantung

Berikut ini adalah penyebab sakit jantung yang paling utama adalah sebagai berikut :
  1. Tekanan darah tinggi. Penelitian membuktikan bahwa setiap dua kasus kematian akibat penyakit jantung, disebabkan karena adanya tekanan darah tinggi.
  2. Kadar kolesterol tinggi. Pasokan darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu, ini memicu pembentukan plak di pembuluh darah. Sehingga kadar kolesterol tinggi akan menyebabkan gagal jantung.
  3. Gaya hidup tidak normal. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, tidak melakukan diet dan tidur tidak teratur akan mempertinggi risiko terkena penyakit jantung.
  4. Usia lanjut. Usia di atas 65 tahun lebih berisiko terkena penyakit jantung.
  5. Keturunan. Seseorang yang berasal dari keluarga yang orang tuanya memiliki riwayat penyakit jantung, maka dia berpeluang untuk terkena penyakit jantung.
  6. Penyakit kronis. Penyakit kronis seperti diabetes dan obesitas mempunyai peluang yang besar terserang penyakit jantung.

Makanan Penyebab Penyakit Jantung

Selain beberapa penyebab sakit jantung di atas, penyakit jantung dapat terjadi akibat mengkonsumsi makanan tertentu yang tidak menyehatkan jantung seperti di bawah ini :
  1. Telur yang dikonsumsi berlebihan. Memakan telur dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan jumlah kolesterol yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.
  2. Berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti : daging merah, aneka produk susu, kelapa dan minyak sawit. Aneka makanan tersebut dapat menyebakan arteri pada organ jantung dapat mengeras dan menyempit.
  3. Makanan manis yang berlebihan, ini merupakan penyebab tidak langsung. Makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan  penyakit diabetes yang mana merupakan faktor resiko penyakit pada organ jantung anda.
  4. Berbagai makanan yang dipanggang maupun makanan cepat saji yang dikonsumsi secara berlebihan. Ini dikarenakan, makanan tersebut banyak mengandung lemak yang tidak baik untuk organ jantung anda. 
Itulah berbagai faktor penyebab penyakit jantung yang harus kita ketahui, sehingga kita dapat lebih berhati - hati. Begitu juga dengan berbagai jenis makanan penyebab penyakit jantung, harus kita kurangi atau kita hindari saja, jika memang merugikan kesehatan jantung kita. Baca juga : macam - macam penyakit jantung

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel