-->

Gejala Hipertensi ( Tekanan Darah Tinggi ) Ini Wajib Anda Kenali

Gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang dirasakan penderita ketika tekanan darah berada pada level di atas norma, walaupun tidak semua penderitanya menyadarinya. Sebagaimana kita ketahui tidak jarang hipertensi tidak menunjukkan gejala yang berarti, inilah yang membuat penderitanya mengabaikannya.

Sebenarnya ngeri juga jika gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi ini jika tidak dikenali sejak dini dan tidak terkontrol, ini bisa merusak pembuluh darah arteri, khususnya di ginjal dan mata. Tak hanya itu saja, tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung, dan berbagai masalah pembuluh darah lainnya di kemudian hari.

Mewaspadai gejala darah tinggi sedini mungkin sudah menjadi keharusan, dengan begitu, kita dapat mengurangi risiko hipertensi yang parah juga risiko terkena berbagai macam komplikasi penyakit ini di masa depan.


GEJALA HIPERTENSI

Sebenarnya untuk mengetahui apakah kita menderita hipertensi tidak cukup hanya dengan mengenali gejala atau tanda - tada fisiknya, yang paling akurat adalah dengan melakukan pemeriksaan pada tensi darah.  Pada kondisi normal tekanan darah menunjukkan angka 120/80. Anda  baru disebut memiliki darah tinggi atau mengidap hipertensi jika hasil tes tekanan darah menunjukkan angka 140/90 mmHG atau lebih.

Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik, ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik, ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah.

Anda perlu waspada jika tekanan darah mulai melebihi batas normal. Apabila angka tekanan darah Anda di antara 120/80 dan 140/90, ini artinya Anda dianggap mengalami pre-hipertensi. Pre-hipertensi adalah kondisi di mana Anda belum memerlukan obat hipertensi namun perlu waspada terhadap tekanan darah Anda. Pada kondisi ini juga Anda harus mulai melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat guna mencegah kenaikan tekanan darah yang lebih tinggi lagi.

gejala hipertensi ( tekanan darah tinggi )


GEJALA HIPERTENSI SECARA FISIK

Disamping berpedoman pada ukuran batas normal tekanan darah anda, gejala hipertensi dapat kita kenali dari keluhan fisik yang biasanya dirasakan penderitanya, antara lain seperti berikut ini :

  • Sakit kepala
  • Masalah dalam penglihatan
  • Lemas
  • Aritmia. Aritmia adalah gangguan yang terjadi pada irama jantung. Penderita aritmia bisa merasakan irama jantungnya terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur.
  • Adanya darah dalam urine
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
 Mengenali setiap gejala hipertensi di atas sangat penting sekali sehingga dapat dilakukan perawatan dengan segera untuk mencegah penyakit semakin memburuk bahkan menimbulkan komplikasi penyakit lainnya.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel