-->

6 Gejala Sakit Ginjal Yang Patut Anda Waspadai

Gejala sakit ginjal penting sekali untuk dikenali. Salah satu organ penting dalam tubuh manusia ialah ginjal. Perlu kita ketahui jika terjadi kerusakan dan menurunnya fungsi ginjal maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan hingga menyebabkan komplikasi yang berujung pada kematian. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui semenjak dini gejala penyakit ginjal ini.

Apakah anda tahu fungsi utama ginjal? Yakni berfungsi untuk menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh. Ketika proses penyaringan ini ginjal akan memisahkan racun-racun, mengatur elektrolit agar seimbang, dan juga mengontrol kadar cairan dalam tubuh manusia. Darah yang disaring tersebut selanjutnya akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine. Sudah paham kan betapa pentinya organ tubuh yang satu ini, oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal agar tidak terjadi permasalahan.

Mengapa sakit ginjal tidak boleh kita anggap sepele? Nah, sebagian besar penyakit ginjal tersebut menyerang yang namanya nefron. Apa itu nefron? Nefron ialah unit jaringan yang ada pada ginjal, kerusakan pada nefron ini akan mengakibatkan ginjal tidak berfungsi untuk mengeluarkan limbah. Apabila tidak segera diatasi maka fungsi ginjal bisa berhenti sepenuhnya sehingga akan mengakibatkan masalah serius dan fatal.


GEJALA SAKIT GINJAL

Nah, setelah mengetahui penjelasan diatas tentu anda bertanya-tanya apa saja gejala penyakit ginjal? Kami akan informasikan dibawah ini beberapa gejala sakit ginjal :

1. Bengkak pada Kaki Kanan dan Kiri

Gejala pertama yang dapat dilihat dan dirasakan serta langsung berhubungan dengan saluran kemih ialah terjadi pembengkakan secara simetris pada kaki kiri dan kanan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini terjadi akibat tidak keluarnya urine dengan baik, yang berarti ada resistensi cairan pada kedua kaki sehingga terjadi pembengkakan. Jadi menurut pendapat dokter jika terjadi pembengkakan simetris pada kaki itu merupakan gejala bahwa fungsi ginjal tidak lagi bekerja dengan baik.

2. Ada Darah dalam Urine

Istilah urine yang mengandung darah ini disebut dengan Hematuria. Ginjal yang bermasalah bisa ditandai dengan gejala seperti ada darah dalam urine ketika anda melaksanakan pemeriksaan urine ke dokter. Ada banyak sel darah merah ketika pemeriksaan urine tetapi tidak terlihat oleh mata. Jadi apabila anda merasa terjadi perubahan warna pada urine sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk di cek laboratorium.

3. Sakit Bagian Pinggang dan Sekitarnya

Rasa sakit di area pinggang dan sekitarnya merupakan salah satu gejala penyakit ginjal. Orang-orang yang mengalami permasalahan pada organ ginjal umumnya mengalami gejala yang satu ini. Biasanya kondisi seperti ini berhubungan dengan masalah batu ginjal. Menurut beberapa ahli meskipun batu ginjal tidak terlalu menunjukkan banyak gejala akan namun rasa sakit bisa tiba-tiba muncul apabila batu ginjal tersebut menyumbat ureter. Biasanya rasa sakit muncul sesekali hanya waktu awal kemudian hilang, namun sakit pada bagian pinggang itu akan kembali muncul terus menerus untuk jangka waktu yang lama.

4. Hipertensi

Hipertensi ini dapat menyerang orang dewasa ataupun anak-anak. Ada rumor yang beredar bahwa terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan untuk hipertensi dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Akan tetapi ternyata penyakit hipertensi itu sendiri yang bisa membuat ginjal menjadi rusak. Tidak hanya ginjal hipertensi juga bisa menyebabkan stroke dan masalah pada otak.


gejala sakit ginjal


5. Gangguan Hormon

Ginjal yang bermasalah atau tidak sehat bisa juga dilihat dari produksi hormon yang dilakukan oleh ginjal secara berlebihan. Perlu anda ketahui akibat meningkatnya hormon tersebut sehingga bisa memicu meningkatnya tekanan darah dan sebaliknya hormon-hormon lain malah tidak bisa diproduksi. Sehingga bisa menyebabkan kekurangan darah, tulang rapuh, dan cepat terasa lelah. Sedangkan gejala yang bisa kita lihat pada anak-anak yang ginjalnya rusak ialah mudah sekali mengantuk, kehilangan selera makan, dan pertumbuhan yang melambat.

6. Tubuh Lemas

Orang yang ginjalnya sehat biasanya memproduksi erythropoietin atau disingkat EPO yang dalam darah berguna untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Tugas sel darah merah ialah membawa dan oksigen ke seluruh bagian dalam tubuh manusia.
Ginjal bermasalah yang kekurangan EPO secara otomatis oksigen berkurang yang bisa menyebabkan rasa lemah. Rasa lemas atau lemah yang sudah parah malah akan memicu anemia. Apabila gejala penyakit ginjal ini anda rasakan sebaiknya segera hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel