-->

Ampuhnya Manfaat Tanaman Obat blustru Untuk Kesehatan

Manfaat tanaman obat blustru ternyata efektif mengobati beberapa keluhan kesehatan, ini bisa menjadi obat tradisional yang bisa kita buat sendiri. Bagusnya lagi, dengan memanfaatkan tanaman obat, kita bisa mengurangi ketergantungan terhadap obat - obatan kimia yang tentunya ada efek negatifnya juga.

Berikut ini adalah profil tanaman obat Blustru :

Nama ilmiah : Luffa aegyptica Mill., Luffa cylindrica (L.) Roem.
Nama daerah : bestru, blestru, blustru (Jawa); lopang, oyong (Sunda); blustru (Betawi); ketela manis (Melayu); hurung jawa (Palembang); dodahala (Halmahera).
Nama asing : si gua luo (Cina).

Sebagai tanaman obat, Blustru memang tidak sepopuler kunyit atau pun temulawak, namun manfaatnya juga diakui dalam menjaga kesehatan. Disamping sebagai tanaman obat, Blustru juga bisa dijadikan  sebagai sayuran. Buah yang muda sering dibuat sayur, sedangkan daunnya yang masih muda bisa untuk sayur, botok, atau gulai.

Tanaman obat Blustru memiliki ciri - ciri : Tinggi batangnya yang menjalar bisa mencapai 10 m. Daunnya tunggal, berbentuk seperti jantung. Bunganya berkelamin tunggal dengan mahkota warna kuning. Buahnya bulat memanjang (10-50 cm) dengan diameter 5-10 cm, jika masak berwarna cokelat. Bijinya berbentuk pipih warna hitam. 

Blustru memiliki rasa manis dan sejuk, kecuali pada akarnya yang memiliki rasapahit, bersifat dingin, dan mengandung racun.


KANDUNGAN TANAMAN OBAT BLUSTRU

Manfaat tanaman obat Blustru tidak terlepas dari kandungan nutrisinya, antara lain : saponin, lufein, citrulline, atau cucurbitaen, lemak, protein, xylan, vitamin B dan C, minyak lemak squalene, α-spinasterol, arginin, lisin, alanin, galaktosa, serta manitosa.  


MANFAAT TANAMAN OBAT BLUSTRU DALAM PENGOBATAN

Berikut ini adalah beberapa manfaat Blustru dalam pengobatan tradisional :


Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah, kulit buah, tangkai buah, biji, sabut, daun, bunga, batang, dan akar blustrudapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Memperlancar ASI

Blustru bisa menjadi solusi buat ibu - ibu menyusui untuk memperlancar ASI-nya.
Cara Membuat :
Masak buah blustru dan daun katuk menjadi sayur bening.
Cara penggunaanya :
Setelah menjadi sayur bening dapat di konsumsi langsung atau berbarengan dengan nasi.

2. Mengobati bisul

tahukah anda, bisul juga bisa diobati dengan Blustru. Cuci bersih akar blustru yang tua secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Gunakan air rebusannya untuk mengompres bisul. Lakukan secara teratur sampai bisul matang dan pecah dengan sendirinya.

3. Mengobati Batuk disertai Sesak

Batuk adalah penyakit yang sangat mengganggu, namun anda jangan khawatir, tanaman obat Blustru bisa menjadi solusinya. 
Cara Membuat : 
Cuci  10 – 15 gr bunga blustru sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi 1 gelas air saja. Dinginkan dan saringlah air hasil rebusan tadi, tambahkan madu ke dalam air saringan secukupnya dan minumlah sekaligus, lakukan langkah ini 3 kali sehari.

4. Haid tidak teratur

Cara membuat :
Cuci bersih 4 jari daging buah blustru, parut, lalu remas-remas. Tambahkan garam secukupnya dan ½ cangkir air matang lalu peras. Saring hasil parutan untuk Diminum sekaligus. Lakukan pagi, siang, dan sore dengan dosis yang sama.

5. Mengobati Migrain

Cara Membuat :
Cuci 150 gr akar blustru segar sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Masukkan 2 butir telur itik, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin saring ramuan tersebut dan air saringanya diminum, sedangkan telur rebusnya dimakan begitu saja

6. Sesak napas (asma)

Cuci 5 helai daun muda blustru lalu, lalu dikukus. Daun yang layu ini dimakan sebagai lalap bersama nasi. Lakukan 1 kali sehari.

7. Sakit pinggang

Manfaat Blustru ternyata juga efektif untuk mengatasi sakit pinggang. 
Cara membuat :
Cuci bersih akar secukupnya, bakar dengan alas genting sampai hangus, lalu tumbuk sampai menjadi bubuk. Ambil 10 g bubuk, campur dengan ½ seloki arak, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Peringatan !

Wanita hamil dan penderita fungsi limpa lemah dilarang minum semua ramuan blustru.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel