-->

Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya, bahkan mungkin buahnya seperti apa juga teman - teman belum tahu. Gambar di bawah bisa membantu teman - teman sekalian untuk mengenali buah kesemek ini.

Setelah melihat gambar di bawah, ternyata teman - teman sudah pernah melihat bukan?  sederhana memang bentuknya namun manfaat kesemek untuk kesehatan cukup diakui di tengah masyarakat kita.

Dari negeri Tiongkok sana sebenarnya buah kesemek itu berasal, kemudian menyebar ke Jepang pada zaman purba dan dikembang biakkan di sana. Belakangan buah ini menyebar ke bagian lain Asia, dan pada masa kolonial pada tahun 1800an dibawa ke Eropa selatan dan Amerika (Kalifornia).

Di Tiongkok dan Jepang, buah kesemek menjadi makanan tradisi yang harus ada dalam pemeliharaan kesehatan, sehingga nilai komersialnya tinggi di sana. Kini komersialisasi produksi kesemek telah merembet dan meluas ke Selandia Baru, Australia dan Israel. Ekspor dari Israel inilah yang dinamai sebagai Sharon fruit.

Beda dengan di Indonesia dan beberapa negara tetangga seperti , Malaysia dan Thailand, produksi kesemek umumnya hanya cukup untuk kon sumsi lokal.


KANDUNGAN BUAH KESEMEK

Manfaat buah kesemek dalam pemeliharaan kesehatan alami tidak terlepas dari kandungan nutrisinya. Berikut kandungan gizi yang ditemukan dalam buah kesemek:

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B6
  • Potasium
  • Copper
  • Mangan

manfaat buah kesemek


MANFAAT BUAH KESEMEK UNTUK KESEHATAN

Kandungan gizi pada buah kesemek menjadi faktor khasiat pada buah tersebut. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah kesemek. Berikut ini adalah beberapa manfaat utasma dari buah kesemek untuk kesehatan :

1. Antikanker

Manfaat buah kesemek diakui luas sebagai anti kanker. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Experimental and Clinical Sciences Journal, karotenoid dan katekin di dalam buah ini berperan sebagai agen antikanker yang cukup kuat. Tak hanya dua senyawa itu, kesemek juga mengandung antioksidan lainnya, seperti vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan flavonoid.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kesemek memiliki nutrisi luar biasa yang manfaatnya mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Berkat zat antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol. Buah kesemek membantu menurunkan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL), serta menurunkan tekanan darah dan inflamasi. Tentu bagus juga untuk mencegah penyakit jantung.

3. Membantu Program Diet

Buat anda yang kelebihan berat badan, buah kesemek dapat dimanfaatkan untuk diet penurunan berat badan. Anda bisa membuat kesemek menjadi bagian dalam salad buah, yogurt dan oatmeal, ataupun dimakan secara langsung.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat buah kesemek juga sangat efektif dalam menjaga kesehatan organ hati. Kita tahu hati memiliki fungsi yang sangat vital dalam tubuh. Kandungan buah kesemek mampu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel dalam hati serta membantu proses detoksifikasi.

5. Menyehatkan Pencernaan

Pencernaan anda juga sehat dengan mengkonsumsi buah kesemek, manfaatnya besar dalam membantu merangsang pergerakan usus, memadatkan feses, serta meredakan sembelit.

6. Mendukung Kesehatan Mata

Tak terbatas pada khasiat di atas, manfaat buah kesemek juga menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan vitamin A pada setiap buah kesemek yang kita konsumsi. Vitamin A ini mendukung fungsi mebran konjungtiva dan kornea, serta menjadi bagian penting dari rhodopsin yang diperlukan untuk menjaga penglihatan normal.

7. Mencegah Inflamasi

Buah kesemek juga dikenal anti infeksi dan anti inflamasi. Kesemek mengandung senyawa kimia phytochemicals yang bersifat anti-inflamasi dan anti-infeksi. 

8. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun yang memadai dibutuhkan oleh tubuh, apalagi di masa pandemi Corona seperti saat sekarang ini. Kandungan vitamin C pada buah kesemek ampuh untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh kita, sehingga tidak gampang sakit.

9. Menjaga tekanan darah pada masa Kehamilan

Buah ini mampu menjaga dan mengatur tekanan darah ibu hamil, serta menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

10. Mengatasi Anemia

Buah kesemek juga bermanfaat untuk mengatasi anemia. Kandungan copper atau tembaga yang ada di dalam kesemek dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Karena dengan nutrisi tersebut, zat besi bisa diserap secara lebih efektif oleh tubuh.

11. Menjaga kadar gula

Buah kesemek juga baik untuk menjaga kadar gula pada penderita diabetes. Jika anda termasuk penderita diabetes, maka buah kesemek layak untuk anda persiapkan sebagai menu harian anda.

12. Melawan penuaan dini

Tahukah anda, manfaat buah kesemek juga mengatasi penuaan dini. Ingat lo ya ... penuaan dini, dan bukan mencegah penuaan. Kandungan  Vitamin A, beta karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthin merupakan senyawa penting yang berperan dalam mengurangi radikal bebas dan melawan penuaan dini.

13. Meredakan Ambeien

Buah kesemek juga efektif dalam membantu pengobatan ambeien karena memiliki sifat anti-hemoragik. Disamping itu buah ini juga bisa mencegah pendarahan berlebih bagi penderita wasir.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel