-->

Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Wajib Anda Hindari

Hipertensi, atau yang biasa disebut darah tinggi, adalah penyakit medis kronis dimana tekanan darah di arteri meningkat. Akibat peningkatan ini, jantung harus bekerja lebih keras dari orang normal untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Dengan kata lain, hipertensi merupakan penyakit yang dapat menyebabkan penyakit lain. Misalnya penyakit stroke atau jantung. Tekanan darah tinggi bisa memicu kedua penyakit tersebut. Tak hanya itu, tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit lain, seperti gagal ginjal.

Makanan Penyebab Darah Tinggi

Beberapa penyebab tekanan darah tinggi antara lain sering makan gorengan, sedikit olah raga, sering konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi, sering makan fast food, jarang minum air putih, terlalu sering merokok, sering minum alkhohol, dan menambah faktor usia, sering melewatkan sarapan pagi, makan tidak teratur dan memiliki riwayat keluarga.

Faktor makanan memang menjadi salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Lalu makanan apa yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi? Inilah beberapa makanan penyebab darah tinggi yang harus anda hindari :

1. Makanan mengandung garam berlebih

Makanan lain yang menyebabkan tekanan darah tinggi adalah makanan yang terlalu asin.

Meskipun ini adalah masakan rumahan atau diberi label sebagai masakan sehat, makanan dengan terlalu banyak garam atau natrium harus dihindari. Oleh karena itu, pastikan makanan yang Anda konsumsi tidak terlalu asin, terutama bagi penderita darah tinggi.

2. Makanan hasil proses

Makanan pabrikan atau proses industri mengandung garam tinggi. Menurut American Heart Association (AHA), hanya 1 sendok teh garam meja yang mengandung 2.300 mg natrium. Sementara itu, batas atas kandungan natrium harian pada pasien hipertensi hanya 1.500 mg.

Anda juga harus tahu bahwa garam dalam produk kemasan biasanya berfungsi sebagai pengawet. Oleh karena itu, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi berbagai makanan olahan dan kemasan, seperti keripik kentang, popcorn, makanan beku, makanan siap saji, dan makanan tinggi garam.

Jika terpaksa makan, silahkan baca label bahannya terlebih dahulu, lalu pilih produk dengan sodium rendah atau tanpa garam.

3. Gula rafinasi

Makanan yang menyebabkan tekanan darah tinggi adalah gula rafinasi. Anda harus tahu bahwa kebanyakan gula dengan tampilan putih bersih telah diolah atau dimurnikan.

Fakta membuktikan bahwa konsumsi gula rafinasi yang berlebihan dapat meningkatkan kandungan lemak tubuh. Bukan rahasia lagi bahwa obesitas dan kelebihan berat badan juga menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

4. Kue, roti, pastri, dan lainnya

Biasanya rasa kue dan rotinya sangat manis sehingga sangat digemari. Namun Anda harus tahu bahwa makanan manis dapat meningkatkan tekanan darah karena kaya akan garam, lemak jenuh, gula, dan natrium.

Mengonsumsi makanan ini bisa menyebabkan obesitas dan tekanan darah meningkat.

5. Tomat kalengan

Siapa sangka 200-250 ml jus tomat mengandung 680 mg sodium? Saus tomat botol mungkin mengandung 1.300 mg sodium, yang bahkan lebih berbahaya.

Tak heran jika produk tomat kalengan termasuk dalam makanan yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan Anda harus menghindarinya.

6. Daging merah

Steak memang enak, tapi harus diingat bahwa makanan ini kaya akan lemak. Selain itu, pada daging panggang biasanya dibumbui dengan banyak garam agar rasanya lebih menonjol.

Jika ingin mencicipi steak atau daging berbumbu, Anda harus membatasi rasio ini, karena terlalu banyak akan merusak jantung dan pembuluh darah.

7. Mie instan

Mie instan diketahui bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Setiap bungkus mie instan rata-rata mengandung 14 gram lemak dan 500-1000 mg sodium.

Oleh karena itu, jika perlu segera dan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji ini, terutama bagi penderita darah tinggi.

8. Daging asap

Seperti yang kita ketahui bersama, daging asap memang enak.

Namun perlu Anda ketahui bahwa 3 lembar mengandung kurang lebih 4,5 gram lemak dan 270 mg sodium.

9. Donat

Donat juga merupakan makanan tekanan darah tinggi karena kaya akan kalori (lebih dari 300 kalori), lemak (43%) dan karbohidrat (53%).

Belum lagi cara pengolahannya dengan menggoreng, karena akan menambah lemak trans dan lemak jenuhnya di setiap sajian. Jika pola makan Anda sehat, sebaiknya hindari makanan manis ini.

10. Susu tinggi lemak

Jika tidak ada atau rendah lemak, minum susu secara teratur baik untuk tubuh. Namun, jika Anda mengonsumsi susu murni yang kaya lemak, hal ini tidak berlaku.

Secangkir susu murni mengandung 8 gram lemak, 5 gram di antaranya adalah lemak jenuhnya yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

makanan penyebab darah tinggi


11. Acar

Acar biasanya dikonsumsi sebagai suplemen makanan dan dianggap sehat karena kandungan kalorinya yang rendah. Namun, karena banyaknya natrium yang terlibat dalam proses pembuatannya, acar diklasifikasikan sebagai makanan yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

12. Margarin

Banyak orang yang mengira bahwa margarin lebih baik daripada mentega. Namun, beberapa merek margarin mengandung lemak trans yang tinggi.

13. Roti isi

Roti atau sandwich praktis dan dianggap sehat karena mengandung sayuran, tomat, keju, dan daging.

Namun jika ingin mengonsumsinya, penderita tekanan darah tinggi harus diperhatikan kembali. Sandwich mengandung bacon, salami, atau daging olahan lainnya, yang mengandung natrium, nitrat, fosfor, dan pengawet tingkat tinggi lainnya, sehingga jelas tidak aman.

Oleh karena itu, jika Anda menderita hipertensi, mohon pertimbangkan kembali sebelum mengonsumsinya.

Sebelum membeli produk, harap baca kemasan produk dengan cermat.

14. Minuman berenergi

Menurut penelitian Mayo Clinic, minuman berenergi meningkatkan risiko kontraksi dan relaksasi, sehingga tekanan darah naik rata-rata 6,4% setelah minum.

Wajar jika mengingat tingginya kandungan kafein dan gula pada minuman jenis ini, maka akan menyebabkan perubahan tekanan darah yang tajam.

15. Makanan berlemak

Berbagai hasil penelitian membuktikan bahwa makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa pecinta sayur dan buah cenderung memiliki tekanan darah rendah.

Nah, itulah beberapa  makanan yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi atau gejala tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi asupan makanan tersebut. Semoga makanan yang berhubungan dengan darah tinggi di atas bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel