-->

Cara Mengobati Darah Tinggi Dengan Mudah

Cara mengobati darah tinggi - Siapapun dengan tekanan darah tinggi dapat menangani tekanan darah tinggi dengan cara mengobati. Berbeda dengan obat yang biasanya memiliki rasa pahit, obat berikut ini sebenarnya alami dan memiliki rasa segar dengan konsumsi buah-buahan, minuman atau makanan populer yang banyak dijumpai.

Terutama kelainan sistem kardiovaskular atau sistem jantung dan pembuluh darah harus menjaga pola makan yang sehat. Ini karena kandungan dalam makanan tertentu memicu fungsi jantung dan kondisi pembuluh darah.

Berbeda dengan perawatan lain yang cenderung merekomendasikan ramuan herbal, ramuan ini jarang enak bagi lidah. Kali ini Anda hanya bisa mengobatinya dengan memakan beberapa buah, minuman atau makanan yang rasanya enak. Simak saran di bawah ini!

1. Buah Pisang

Pisang sering kita temukan dengan mudah dalam keseharian kita di lingkungan sekitar. Padahal, buah lokal ini juga mengandung serat alami yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan siapa pun yang memakannya secara teratur. Kandungan tersebut dapat memaksimalkan kinerja terbaik sistem usus manusia.

Pisang rasanya manis serta mengandung berbagai vitamin dan karbohidrat yang cukup, yang dapat menambah energi untuk beraktivitas. Kandungan mineral kalium yang kaya lemak juga dapat meredakan stres dan menyeimbangkan kandungan mineral natrium dalam tubuh, sehingga melawan tekanan darah tinggi.

2. Buah Berry

Cara lain untuk mengobati darah tinggi bisa menggunakan buah beri. Buah ini kaya akan berbagai vitamin alami. Rasa manis segar yang rata-rata juga akan membuat Anda ketagihan. Selain itu, ternyata buah beri juga kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

Flavonoid dalam buah beri merupakan antioksidan utama dan juga sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga dapat dipertahankan pada kadar normal dan tidak berbahaya. Kesehatan sistem kardiovaskular yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah sangat erat kaitannya dengan menu yang dimakan.

3. Buah Jeruk

Cara selanjutnya untuk mengobati tekanan darah tinggi adalah dengan menggunakan buah-buahan populer yaitu buah jeruk. Kandungan serat yang tinggi kondusif untuk kelancaran sistem pencernaan. Air yang melimpah juga sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi yang bisa berakibat fatal. Sangat kaya akan vitamin dan antioksidan.

Vitamin C dalam buah jeruk membantu memperkuat fungsi kekebalan tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit. Selain itu juga bermanfaat untuk kesehatan sel terutama pada pembuluh darah agar selalu kuat dan tidak terancam oleh radikal bebas. Kandungan mineral kalium juga bisa menjadi kunci tekanan darah normal, sehingga tidak akan naik.

4. Buah Semangka

Buah segar ini kaya akan air yang dapat mengisi kembali air untuk tubuh manusia. Dengan begitu, risiko dehidrasi dapat dicegah, sehingga kinerja sistem seluler dan sistem metabolisme dalam tubuh dapat dioptimalkan dan berjalan dengan lancar. Kandungan vitamin dan mineralnya yang kaya juga membuat buah ini semakin populer di masyarakat.

Semangka juga dikenal sebagai buah yang direkomendasikan dan juga dapat dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Bahkan kandungan nutrisi L-sitrulin telah terbukti dapat mengendurkan fungsi sistem pembuluh darah. Ini pasti akan mengontrol tekanan darah Anda, membuatnya lebih rileks, dan tidak akan naik lagi.

Pengobatan tekanan darah tinggi harus terlebih dahulu memperhatikan kondisi jantung agar dapat berdenyut dengan ritme normal, kelenturan pembuluh darah terbaik, dan mengonsumsi berbagai makanan berlemak untuk mencegah terjadinya plak pembuluh darah.

5. Kiwi

Buah kiwi mengandung serat, kalium dan antioksidan yang semuanya mendukung kesehatan jantung dan tekanan darah. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa zat aktif biologis dalam 3 kiwi per hari dapat menurunkan tekanan darah lebih dari satu apel per hari.

6. Bayam

Bayam mengandung lutein yang mencegah penebalan dinding arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah. Selain itu, bayam kaya akan potasium, asam folat, dan magnesium yang membantu mengontrol tekanan darah.

Bayam mengandung nitrat, yang dapat meningkatkan fungsi endotel dan secara aktif menurunkan tingkat tekanan darah. Bayam asam nitrat juga bisa meredakan kekakuan arteri.

cara mengobati darah tinggi


7. Seledri

Seledri mengandung kumarin, yang membantu menurunkan tekanan darah dan membantu menyeimbangkan air. Seledri juga dapat mengurangi risiko penggumpalan darah dan stroke, serta menurunkan kadar hormon stres.

8. Brokoli

Brokoli kaya akan senyawa yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah serta mengurangi kerusakan pada arteri. Brokoli merupakan paket lengkap serat, kalium, kalsium, magnesium dan vitamin C. Kalium dan juga magnesium mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Vitamin C merupakan antioksidan yang memperkuat pembuluh darah dan memelihara oksida nitrat, sehingga melemaskan pembuluh darah.

9. Labu siam

Labu siam dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Myricetin adalah antioksidan utama dalam labu siam dan juga telah terbukti menurunkan kolesterol, sehingga memengaruhi tekanan darah.

10. Bawang Putih

Cara mengobati darah tinggi yang satu ini mungkin tidak pernah anda duga, hanya menggunakan bawang putih. Bahan aktif utama dalam bawang putih adalah allicin. Senyawa tersebut dapat menurunkan risiko hipertensi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh. Allicin membantu relaksasi otot polos dan pelebaran pembuluh darah. Perubahan ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

11. Jahe

Jahe dapat menurunkan hipertensi dengan melakukan pencegahan pembentukan gumpalan darah di arteri dan juga pembuluh darah. Penggumpalan darah dapat membatasi atau mencegah aliran darah melalui sistem peredaran darah. Kondisi ini bisa memicu tekanan darah tinggi. Dengan mencegah penggumpalan darah, jahe juga dapat membantu mencegah penyakitjantung dan stroke.

12. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti mackerel dan salmon kaya akan asam lemak omega-3. Mineral ini bisa menurunkan hipertensi, dan mengurangi peradangan serta menurunkan trigliserida. Ikan berlemak seperti trout juga kaya vitamin D. Vitamin ini memiliki khasiat yang dapat menurunkan tekanan darah.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel