-->

Rekomendasi Sayuran Penurun Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung, gagal jantung dan stroke. Atasi tekanan darah tinggi dengan pola hidup sehat dan mulailah mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantu mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Hipertensi tidak hanya terjadi pada lanjut usia, tetapi juga terjadi pada orang dewasa, bahkan terjadi pada usia muda seperti anak-anak atau remaja.

Beberapa penyebab darah tinggi bisa jadi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan kebiasaan makan. Mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung garam, gula, dan lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok, sedikit olah raga atau kurang aktif juga dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Langkah kecil dan sederhana seperti memulai olahraga teratur dan mengubah pola makan yang sehat akan menjadi langkah penting untuk mengatasi tekanan darah tinggi secara signifikan.

Beberapa jenis buah atau sayuran terbukti efektif melawan tekanan darah tinggi. Menggunakan buah atau sayuran untuk membuat minuman jus tekanan darah tinggi mungkin menjadi salah satu cara terbaik untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Dibawah ini Anda bisa mencoba salah satu sayuran yang kami rekomendasikan untuk penurun darah tinggi.

Sayuran Penurun Darah Tinggi

1. Kubis

Sayuran pertama dengan lemak darah tinggi adalah kubis. Kubis merupakan sumber kalium yang sangat baik, karena secangkir kubis mengandung 4% dari total nilai harian kalium per hari. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara menangkal efek natrium dalam tubuh, melemaskan dinding pembuluh darah dan menggunakan kelebihan natrium di dalamnya. Dengan mengonsumsi kubis, Anda bisa menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.

2. Kale

Kale adalah sayuran hijau yang kaya nutrisi, dan merupakan sayuran penurun lemak. Secangkir kale mengandung 170 mg potasium dan menyediakan 3,6% potasium harian. Perlu dicatat bahwa meningkatkan asupan kalium dan mengurangi konsumsi garam tambahan dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

3. Selada

Diet tinggi kalium dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengurangi efek natrium. Selada hijau dan selada merah adalah sayuran kaya kalium. Dalam tiga cangkir selada, kandungan kalium hariannya adalah 5% kalium, yang membuat selada menjadi sayuran dengan lemak darah tinggi. Selain menurunkan tekanan darah, selada juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung atau stroke.

4. Bayam

Bayam mengandung kalium tinggi, dan biasanya dianjurkan untuk penderita tekanan darah tinggi. Kandungan kalium dalam secangkir bayam adalah 167 mg. Kalium dalam sayuran ini akan membantu mengurangi peran natrium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah. Sebaliknya, jika asupan kalium dalam tubuh rendah maka berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

5. Sawi

Sawi juga merupakan sayuran dengan lemak darah tinggi. Sayuran hijau ini memiliki kandungan kalium yang tinggi. Dalam secangkir sawi, asupan kalium harian adalah 4-5%. Selain itu, makan sawi juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan, sekitar 15%.

6. Bit

Anda mungkin lebih mengenal bit sebagai buah. Tapi ternyata bit itu umbi-umbian pada sayuran. Bit mengandung oksida nitrat yang dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, buah bit termasuk dalam sayuran penurun darah tinggi. Anda bisa menambahkannya untuk menumis atau membuat jus.

7. Bawang putih

Menurut beberapa penelitian, bawang putih dapat meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh, yang akan membantu otot polos rileks dan melebarkan pembuluh darah. Inilah yang mempengaruhi tekanan darah. Selain itu, ekstrak bawang putih juga dapat mengurangi kontraksi dan relaksasi darah pada penderita hipertensi.

8. Seledri

Sayuran pertama dengan lemak darah tinggi adalah seledri. Sayuran ini mengandung potasium dan ftalat yang secara efektif dapat mengendurkan dinding arteri dan membantu memperlancar aliran darah. Mengonsumsi seledri juga dapat menurunkan hormon stres yang biasanya kaya pada penderita hipertensi, sehingga membantu penurun darah tinggi atau hipertensi.

sayuran penurun darah tinggi


9. Wortel

Wortel mengandung zat yang disebut beta-karoten dan kalium, yang membantu menormalkan detak jantung dan fungsi ginjal. Detak jantung yang tidak normal merupakan komplikasi yang sering terjadi pada penderita hipertensi. Wortel sebaiknya dikonsumsi secara teratur untuk mengatasi tekanan darah tinggi, agar kondisi dan tekanan jantung dapat kembali normal.

10. Mengkudu

Konsumsi mengkudu merupakan salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu buah mengkudu memiliki banyak manfaat dan memiliki nutrisi dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

11. Mentimun

Ketimun dikenal sebagai sayuran yang menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan potasiumnya yang cukup tinggi. Mentimun bisa dimakan langsung atau direbus sebelum dimakan.

12. Tomat

Tomat mengandung potasium, magnesium, dan vitamin C yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi tanpa efek samping. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan tomat selama empat bulan efektif menurunkan tekanan darah.

13. Buncis

Sayuran lain yang bisa dimakan untuk menurunkan tekanan darah adalah kacang hijau. Kacang hijau kaya akan mineral dan vitamin, sehingga sering digunakan untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

14. Kentang

Kentang dikenal sebagai tumbuhan sumber karbohidrat. Kentang bisa menggantikan nasi. Tak hanya itu, karena kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada kentang, kentang juga bisa menjadi sumber makanan untuk menurunkan tekanan darah.

15. Kedelai

Makan kedelai bisa menjaga tekanan darah tinggi. Kedelai mengandung magnesium dan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Ini adalah daftar sayuran yang dapat dimakan dan biji-bijian yang secara alami dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, Anda bisa mengolah makanan tersebut agar dapat dinikmati.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel