-->

Manfaat Buah Salak pada Kesehatan Tubuh

Manfaat buah salak - Buah Salak merupakan buah yang mudah didapat di hampir semua musim di Indonesia. Buah yang biasa dijadikan pencuci mulut ini ternyata mengandung banyak sekali nutrisi.

Buah yang memiliki kulit tidak rata mengandung vitamin C, serat, zat besi, protein, kalsium, karbohidrat dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan. Buah ini juga kaya akan β-karoten yang merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah penyakit stroke, kardiovaskular, dan kanker.

Seperti yang kita ketahui bersama, salak mengandung beta karoten lima kali lebih banyak dibandingkan buah lain seperti semangka dan mangga. Dengan kandungan yang begitu banyak, apa manfaat salak bagi kesehatan kita? Kami telah merangkum manfaat buah salak ini dari berbagai sumber.

13 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

1. Obat Mata

Menurut penelitian para ahli kesehatan, kandungan β-karoten dalam buah salak dalam jumlah besar dapat digunakan sebagai obat mata. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai jus salak sebagai pengganti jus wortel, yang dikenal dengan manfaat kesehatan mata. Selain itu kandungan vitamin A pada salak juga membantu meningkatkan kejernihan mata.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Buah salak tinggi serat dan antioksidan, sehingga bisa dimakan saat diet. Kalorinya yang rendah juga bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, meski pola makan terkontrol, kalsium dan karbohidrat yang terkandung dalam salak juga dapat memberikan energi bagi tubuh manusia.

3. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Salak adalah buah bergizi yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Buah salak yang memiliki kaya vitamin dan mineral esensial ini dapat membantu menjaga fungsi terhadap tubuh. Selain itu, antioksidan dalam buah salak dapat secara efektif mencegah kerusakan sel dan jaringan.

4. Meningkatkan energi

Karbohidrat yang terkandung dalam buah salak dapat memberikan energi sepanjang hari. Selain itu, buah salak dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan merangsang metabolisme sehingga meningkatkan energi dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Salak sangat kaya akan potasium, yang membantu menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi ketegangan pembuluh darah dan arteri, serta menjaga kesehatan jantung.

Kandungan antioksidan dan juga mineral yang banyak dalam salak juga dapat membuat sistem kardiovaskular berfungsi normal serta membantu mengatur air tubuh.

6. Melawan Gangguan Pencernaan

Salak sangat kaya serat dan vitamin yang membantu meredakan buang air besar, perut kembung, diare, sakit perut, dan penyakit pencernaan lainnya. Selain itu, kulit batangnya mengandung senyawa yang dapat mengobati diare.

7. Lancarkan Pencernaan

Sama kebanyakan buah berserat tinggi lainnya, salak mengandung tanin, saponin, kalsium, flavonoid, dan β-karoten yang sangat bermanfaat untuk lambung. Misalnya tanin dengan sifat anti diare.

Tidak hanya itu, salak juga dapat digunakan sebagai obat gangguan pencernaan. Jika Anda makan salak dengan kulit tipis untuk mencegah sembelit, itu lebih baik.

8. Kontrol Gula Darah

Buah Salak mengandung pterostilbene, yang merupakan hipoglikemik yang akan membantu mengontrol diabetes. Jika Anda menambahkan salak ke dalam makanan, itu akan sangat bagus, karena sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Selain daging, kulit batang yang dikeringkan dan dibuat menjadi teh juga dapat membantu meregenerasi sel pankreas sehingga membantu mengontrol penyakit diabetes.

9. Baik untuk Ibu Hamil

Banyak orang yang mengatakan bahwa salak tidak baik untuk ibu hamil. Ya, tapi itu artinya kalau mengkonsumsinya terlalu banyak maka tidak baik. Pasalnya, kandungan zat besi dalam salak dapat membantu mengatasi anemia pada ibu hamil. Salak juga dikenal memiliki senyawa yang dapat mengatasi morning sickness pada ibu hamil.

Selain itu, asupan kalsium yang cukup pada buah salak dapat membantu ibu hamil untuk membentuk tulang janin. Makan salak tidak hanya bermanfaat bagi ibu yang memakannya, tapi juga berdampak pada janin. Tapi ingat, makan salak setiap hari hanya satu atau dua buah sehari.

manfaat buah salak


10. Meningkatkan Daya Ingat

Salak mengandung mineral dan bahan aktif seperti kalium, β-karoten dan pektin. Pektin merupakan salah satu komponen yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Ini membuat kognisi dan ingatan seseorang lebih baik. Selain itu, kandungan oksidatif salah satunya juga dapat membantu meredakan stres dan mengurangi risiko ensefalopati.

11. Menghindari Tubuh dari Penyakit Kronis

Dengan memakan salak juga bisa mencegah penyakit kronis dalam tubuh. Karena salak mengandung berbagai antioksidan dan dapat menghambat peradangan pada tubuh.

Karena itu, makan salak tidak hanya bisa menurunkan risiko penyakit jantung, tapi juga mencegah diabetes dan stroke. Antioksidan dalam buah salak juga dapat mencegah penumpukan sel inflamasi.

12. Menjaga Kesehatan Pankreas

Di dalam buah Salak terdapat ramuan yang dapat meregenerasi sel pankreas. Penderita diabetes membutuhkan organ pankreas yang sehat. Pasalnya, penderita diabetes tidak dapat memproduksi insulin secara normal akibat penurunan fungsi sel pankreas.

13. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat buah salak ini membuatnya mendapatkan reputasi buah ingatan. Ini dikarenakan salak mengandung mineral dan bahan aktif berupa kalium dan pektin. Zat tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan kemampuan kognitif, dan meningkatkan daya ingat.

Selain itu, antioksidan dalam buah melon membantu mencegah stres oksidatif pada sel manusia. Karenanya, mengonsumsi buah salak dapat menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif.

Berbagai khasiat salak bagi kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya. Namun, mencoba makan buah salak tidak akan merugikan Anda karena kaya akan nutrisi.

Anda bisa membeli salak di pasar atau toko buah. Salak bisa dimakan langsung atau dijadikan berbagai macam bahan, seperti  acar, salad, kue, permen, puding, es buah, dll.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel