-->

Manfaat Minyak Bulus untuk Kesehatan

Manfaat minyak bulus terkadang identik dengan pembesaran payudara. Meski minyak yang didapat dari kura-kura atau penyu tersebut juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Sejak ratusan tahun silam, minyak ini (disebut juga minyak kura-kura) memang telah banyak diburu oleh masyarakat jaman dahulu dan digunakan untuk berbagai keperluan.

Dengan demikian, jangan sampai Anda terlupa, dan sebaiknya ketahui berbagai manfaat minyak bulus untuk kesehatan berikut ini.

Apa itu Minyak Bulus?

Minyak bulus berasal dari otot dan gonad kura-kura raksasa, yang meleleh pada suhu 25 derajat Celcius. Di beberapa daerah, minyak ini dibuat dari karapas kulit yang dijemur selama beberapa hari.

Asal mula kata bulus sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya binatang seperti kura-kura.

Menurut Cosmeticsandskin, minyak bulus sebelumnya telah diekstraksi dengan memanaskan lemak kura-kura atau penyu dan bagian tubuh lainnya dimasak di ceret besar. Minyak kemudian dipisahkan dan dikeringkan sebelum diisi ke dalam kaleng.

Banyak minyak dari penyu berwarna gelap dan berbau menyengat. Masalah tersebut kemudian dapat diatasi dengan melakukan proses ekstraksi, agar minyak yang dihasilkan tidak berbau anyir dan menghasilkan warna yang indah.

Karakteristik Minyak Bulus

Bentuk dan aroma minyak ini sangat bergantung pada jenis penyu atau kura-kura sebagai bahan utamanya. Penyu penebang cenderung menghasilkan minyak hitam pekat dengan bau yang kuat.

Pada saat yang sama penyu hijau akan menghasilkan minyak kuning dengan tekstur yang padat dan bau yang khas. Bau ini bisa bertahan lama, tapi tidak terlalu amis saat masih segar.

Perubahan bau minyak dikaitkan dengan kebiasaan makan berbagai penyu. Penyu hijau adalah vegetarian yang ketat, dan penyu tempayan merupakan pemakan bangkai.

Kandungan Gizi pada Minyak Bulus

Mengingat bahan utama dalam pembuatan minyak ini adalah organ tubuh penyu, maka jika ingin mengetahui kandungan nutrisi yang terkandung dalam minyak ini bisa mengecek kandungan nutrisi yang terdapat pada cangkang dan organ penyu lainnya.

Menurut Itmonline, senyawa kalsium merupakan komponen utama penyusun sekitar setengah dari plastron dan karapas penyu. Keduanya merupakan bagian dari struktur cangkang penyu.

Tidak hanya itu, plastron pada penyu juga mengandung kolagen, sejenis fibrin yang berubah menjadi gelatin saat direbus dalam air. Kolagen yang terdapat pada penyu berbentuk jaringan berserat yang kuat namun fleksibel, sebagian atau seluruhnya dipadatkan oleh kalsium karbonat.

Ada pula sejumlah kecil lemak, mineral, dan magnesium lain seperti seng atau pun vitamin. Misalnya, beberapa vitamin yang tersedia adalah vitamin B6 dan vitamin D. Ini biasanya ditemukan di cangkang penyu.

Manfaat Minyak Bulus untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak penyu dikenal karena bahan dasarnya yang langka dan proses pembuatannya yang sangat kompleks. Karena manfaat kesehatannya, minyak ini menjadi salah satu barang yang paling populer. Beberapa dari mereka adalah:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dikutip dari Hainan Life Nourishing Pharmacy Company, Minyak bulus bisa mendukung fungsi sistem peredaran darah dan mencegah kerusakan fungsi di jantung.

2. Meningkatan Daya Tahan Tubuh

Menurut laporan dari Healthbenefitstime, minyak bulus mengandung vitamin B6 yang sangat penting untuk kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin ini memicu tubuh menjadi rentan terhadap infeksi.

3. Mengatasi Disfungsi Ereksi Pria

Menurut Edrugstore, minyak bulus juga dapat digunakan untuk membantu mengobati disfungsi ereksi pria.

Meskipun hal ini dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti sakit kepala, sakit perut, ruam merah, nyeri punggung atau otot, hidung tersumbat, dll. Namun, efek ini dianggap relatif sederhana dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh.

Ingatlah bahwa pria dengan tekanan darah abnormal atau yang sedang mengonsumsi obat untuk penyakit ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi minyak esensial ini.

4. Baik untuk Kesehatan Tulang

Selain vitamin B6, minyak yang dibuat dari penyu ini juga mengandung kalsium. Kalsium sendiri berperan dalam menjaga pertumbuhan tulang.

Kalsium juga dapat membantu menjaga kepadatan tulang. Ini sangat berguna bagi wanita yang memasuki masa menopause, sehingga mereka tidak terlalu rentan terkena osteoporosis.

Tidak hanya itu, kalsium juga memperkuat tulang rahang dan menstimulasi pertumbuhan gigi pada posisi yang benar.

manfaat minyak bulus


5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan fosfor pada minyak bulus akan membantu memperbaiki dan memelihara sel-sel tubuh, seperti mata. Ia bekerja dengan merangsang pertumbuhan sel baru dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

6. Membantu Mengatasi Rematik

Researchgate melaporkan bahwa minyak bulus sangat populer, salah satunya karena masyarakat percaya bahwa minyak ini dapat digunakan untuk mengobati rematik dan juga sangat efektif jika pijatan digunakan ketika memar atau radang sendi.

7. Mengatasi Jerawat

Jerawat yang muncul di wajah memang sangat merepotkan. Jika setelah mencoba berbagai produk atau obat, Anda tetap tidak bisa menghilangkan jerawat yang ada. Cobalah untuk berhenti menggunakan obat-obatan ini dan beralih ke minyak bulus.

Cara mengoleskan minyak hanya pada bagian wajah yang berjerawat secara rutin. Jangan lupa untuk membasuh wajah dan tangan hingga bersih terlebih dahulu. Diyakini bahwa bahan antibakterinya dapat membantu mengatasi jerawat secara menyeluruh.

8. Mengencangkan Kulit

Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa kandungan kolagen dalam minyak bulus tidak hanya dapat mengembalikan kekenyalan kulit, tetapi juga membantu memperbaiki sel kulit yang rusak dan mengembalikan keadaan normal.

Tak heran hal ini menjadikan minyak ini salah satu kekuatan utama wanita yang menjaga wajah tetap cantik dan menarik.

9. Mengencangkan Payudara

Inilah salah satu manfaat minyak bulus yang sangat populer. Umumnya, wanita yang memiliki payudara kecil karena menyusui bayi mereka yang masih kecil akan mencari cara ini.

Seperti kita ketahui bersama, minyak ini sendiri dapat secara efektif merawat payudara dan membuatnya kencang secara alami. Dalam menggunakanya cuku mengoleskan secara rutin di area payudara dan pijat secara perlahan.

10. Menjaga Suhu Tubuh

Zat besi dalam minyak bulus juga sangat penting untuk mengatur suhu tubuh. Penyerapan nutrisi dan enzim yang efektif berdampak pada metabolisme tubuh.

Tak hanya itu, zat besi juga dipercaya berperan penting dalam mengantarkan oksigen ke sel tubuh dan membantu berbagai organ agar berfungsi normal.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel