-->

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Daun daun sirsak (Acanthopanax senticosus) telah populer dalam pengobatan herbal sejak zaman dahulu. Inilah manfaat daun sirsak sebagai obat herbal. Anda pasti sudah familiar dengan sirsak. Ya, Sirsak adalah buah tropis paling populer di Indonesia.

Sirsak rasanya manis dan asam. Biasanya buah sirsak dijadikan campuran untuk membuat minuman. Dalam buah sirsak mengandung vitamin C serta kalium yang cukup baik untuk menjaga kesehatan. Kalium dalam buah duri berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain buah-buahan, daun sirsak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sejak zaman dahulu daun sirsak sudah banyak digunakan sebagai obat herbal.

Dikutip dari "The Miracle of Herbs" daun sirsak mengandung fosfor, karbohidrat, kalsium, vitamin A, B, C, tanin, fitosterol, kalsium oksalat dan juga  alkaloid rhamnine.

Manfaat Daun Sirsak 

Daun Sirsak yang memiliki banyak vitamin dan juga aktioksidan, selalu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

1. Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak yang pertama adalah pengobatan kanker. Daun sirsak diketahui dapat menghambat sel kanker lebih cepat daripada kemoterapi.

Produksi asetat pada daun sirsak dapat menyembuhkan pasien kanker. Fungsi asetat yaitu membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten pada obat kemoterapi adriamycin.

Dengan meminum air daun sirsak, Anda bisa merasakan cara yang aman dan alami dalam menggunakannya. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak dalam 3 derajat air mineral. Kemudian rebus, sisakan paling banyak 1/2 gelas. Agar khasiat daun sirsak cepat dirasakan, Anda dapat meminumnya setiap pagi.

2. Asam urat

Mengutip dari “HealthMedicine"daun sirsak dapat menurunkan kadar asam urat darah, yang mengandung protein, kalsium, fruktosa, lemak, fosfor, zat besi, vitamin A dan juga vitamin B.

Tidak hanya itu, daun sirsak mengandung flavonoid (antioksidan tinggi) yang dapat mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja xanthine oksidase.

Sebagai informasi, xantin oksidase berperan dalam mengubah hipoksantin menjadi xantin kemudian menjadi asam urat.

Penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi daun sirsak sesuka hati. Karena ada cara yang benar dan aman mengkonsumsi daun sirsak yang efektif menurunkan penderita asam urat.

3. Mengobati Diabetes

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat mengobati penyakit diabetes. Senyawa dalam daun sirsak terbukti mampu menstabilkan dan menormalkan gula darah dalam tubuh manusia.

Hal tersebut dikarenakan daun sirsak yang kaya akan antioksidan seperti saponin, bioflavonoid serta polifenol. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang mengintai di dalam tubuh.

Anda bisa merebus daun sirsak untuk mengolahnya. Ambil cangkir dan tambahkan juga sedikit madu.

4. Mengobati Penyakit Paru-paru

Kandungan daun sirsak dapat digunakan untuk berbagai macam pengobatan, termasuk penyakit paru-paru. Ini karena daun sirsak mengandung acetogenin yang dapat digunakan untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Manfaat daun sirsak bisa mengatasi penyakit paru basah dan juga kering.

Caranya adalah dengan mencuci 10-15 lembar daun sirsak dan menjemurnya di bawah sinar matahari. Rebus dengan 3 gelas air mineral. Setelah diminum dingin, minum air rebusan tersebut secara rutin 3 kali sehari.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungan vitamin, mineral dan kalsium yang tinggi. Namun tidak hanya itu, daun ini juga memiliki khasiat anti inflamasi dan antibakteri.

Mengonsumsi daun sirsak juga akan membantu meringankan dan mencegah sembelit, kembung, diare, serta penyakit pencernaan lainnya. Agen antibakteri yang terdapat pada daun sirsak juga dapat menyeimbangkan mikro-flora di saluran usus.

6. Menurunkan Kolesterol

Bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya, Anda harus bisa mengatur kolesterol agar terhindar dari komplikasi penyakit. Anda bisa mengobatinya dengan daun sirsak. Untuk merasakan khasiat daun sirsak, Anda dapat meminum air dari daun sirsak.

Caranya yaitu pilih  dan ambil 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dan direbus dengan 3 gelas air mineral. Rebus air hingga hanya tersisa setengahnya. Anda bisa meminumnya panas atau dingin. Minum air putih secara rutin setiap pagi agar Anda bisa cepat merasakan manfaat dari daun sirsak.

7. Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantung yang berisi cairan yang tumbuh di ovarium wanita. Kista juga diklasifikasikan sebagai tumor jinak dan dapat berkembang menjadi kanker, itulah sebabnya Anda dapat menggunakan daun sirsak untuk mengobatinya. Untuk mencegah berkembangnya penyakit ini, Anda bisa memanfaatkan daun sirsak dalam menjaga kesehatan.

Sama dengan cara sebelumnya, hanya minum air dari daun sirsak saja yang bisa merasakan khasiatnya. Rebus 10 lembar daun dalam 3 gelas mineral. Tunggu hingga daun sirsak mengeluarkan pati. Silahkan minum dingin atau panas.

manfaat daun sirsak


8. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat dari daun sirsak juga baik untuk wanita dan kesuburannya. Jika Anda berencana untuk hamil, sebaiknya mengkonsumsi ramuan atau jamu dalam daun sirsak untuk memacu kehamilan lebih cepat. Daun sirsak juga dapat memperlancar haid wanita, sehingga kelancaran siklus haid akan memudahkan kehamilan.

Berikut ini cara membuat ramuan daun sirsak. Pilih 15 lembar daun sirsak yang sudah tua dan rebus kedalam 5 gelas. Saat mendidih, sisa air menjadi 2 gelas. Jika Anda sangat tidak suka rasanya, Anda bisa mencicipinya dengan gula jawa atau madu. Minum secara rutin setiap pagi dan sore hari.

9. Pengobatan Eksim dan Rematik

Penyakit rematik biasanya terjadi pada usia lanjut. Daun sirsak dapat mengatasi rasa sakit dan digunakan sebagai obat alami. Cara mendapatkan khasiat ini adalah dengan menumbuknya hingga halus, kemudian dioleskan pada area yang mengalami nyeri rematik atau eksim. Konsumsi dua kali sehari.

10. Menghilangkan Kutu

Manfaat terakhir dari daun sirsak adalah menghilangkan kutu. Daun sirsak berguan bagi manusia, tetapi ini beracun bagi serangga ataupun parasit. Inilah mengapa daun sirsak dapat digunakan untuk menekan dan membasmi kutu dan ketombe. Caranya adalah dengan mencuci rambut dengan air dari daun sirsak tersebut.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel