-->

Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sejak zaman dahulu, madu murni telah digunakan sebagai obat tradisional karena banyak manfaatnya bagi kesehatan. Berbagai khasiat madu memang bukan rahasia umum.

Madu baik untuk kesehatan dan kecantikan. Banyaknya produk kecantikan dan obat-obatan yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya membuktikan hal tersebut. Bahkan madu digunakan sebagai campuran beberapa makanan dan minuman.

Madu berasal dari nektar yang dihasilkan lebah. Madu yang alami lebih bergizi jika dibandingkan dengan kemasan yang dicampur dengan bahan yang lainnya. Di sisi lain, madu asli juga lebih kental dari madu kemasan.

Madu memiliki rasa manis yang unik karena mengandung unsur gula sederhana fruktosa dan glukosa lebih baik dari gula. Kalori gula dalam madu dapat menyerap lemak dengan baik, terutama bila dikonsumsi dengan air panas.

Madu mengandung campuran fruktosa (38,5%) dan glukosa (31%). Selain itu, lebah penghasil juga mengandung karbohidrat, seperti maltosa, sukrosa, dan juga karbohidrat kompleks lainnya.

Madu juga mengandung antioksidan dari senyawa protein pinocaine, vitamin C, krisan, katalase dan juga pine cortex. Tentunya semua ramuan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah daftar manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan yang dikutip dari Health Line.

11 Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah Diabetes

Madu dapat mencegah diabetes. Penyakit diabetes tersebut disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi akibat banyak makan makanan manis atau minuman. Karena itu madu adalah solusinya.

Anda sebaiknya menggunakan madu sebagai pemanis, bukan gula. Ini dikarenakan Madu memiliki fruktosa serta glukosa yang akan membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah.

2. Mencegah Kanker Serta Menyehatkan Jantung

Madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang dapat mencegah pertumbuhan sel jahat dalam tubuh, termasuk kanker.

Madu tidak hanya mencegah kanker, tetapi juga meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan antioksidan dan flavonoidnya. Madu juga membantu mencegah membentuknya gumpalan darah, sehingga akan mengurangi risiko stroke dan juga penyakit jantung.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut School od Medicine, Cardiff University di Inggris, Madu dapat merangsang produksi sel kekebalan. Berkat nutrisi dalam madu, metabolisme dan daya tahan tubuh Anda akan meningkat.

Madu membantu mendetoksifikasi bakteri yang mudah didetoksifikasi. Inilah mengapa madu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan segala serangan penyakit.

4. Menjaga Kesegaran Mulut

Jika Anda memiliki bau mulut, coba campurkan 1/4 cangkir air putih, satu sendok teh madu mentah, dan satu sendok teh lemon. Bilas mulut Anda selama tiga menit, lalu buang. Bau mulut akan hilang.

5. Menyeimbangkan Gula Darah

Meski rasanya manis, madu memiliki indeks glikemik yang rendah. Gula alami dalam madu memiliki efek "slow release", yang artinya tidak akan menyebabkan gula darah naik secepat pemanis lainnya (seperti gula).

Meskipun manis, madu tidak akan menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat dibanding makanan tinggi gula lainnya.

6. Meredakan Batuk

Menyembuhkan batuk merupakan salah satu manfaat madu dan mungkin masih sedikit diketahui orang.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang sangat efektif untuk membuat pereda batuk, dan menggunakan bahan-bahan berikut: secangkir air mineral, 1/4 cangkir jahe segar, satu sendok makan kayu manis, 1/4 cangkir lemon segar, dan secangkir madu.

Tuang semuanya kecuali 1/4 cangkir lemon segar dan secangkir madu ke dalam panci dan didihkan.

Didihkan sampai volume cairannya tinggal setengah. Setelah mendidih, tuangkan cairan ke dalam saringan halus untuk menghilangkan semua residu yang tidak diinginkan. Saat cairan masih hangat (tidak mendidih), campur lemon dan madu.

Aduk rata dan simpan di wadah kedap udara seperti lemari es. Anda bisa digunakan kapan saja.

7. Membantu Diet

Madu merupakan pemanis yang lebih baik dan lebih sehat daripada gula. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, gunakan madu sebagai pengganti gula. Ini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan memberi Anda energi.

Tapi ingat, semua makanan yang Anda makan harus tetap makanan sehat. Anda harus makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur agar berat badan Anda turun secara permanen.

Sebagai tambahan, campurkan setengah sendok teh bubuk kayu manis organik dalam secangkir air mendidih selama 10 menit. Tambahkan satu sendok teh madu mentah dan Anda bisa langsung memakannya.

manfaat madu


8. Bersifat Hidroskopis

Madu memiliki kadar air yang rendah pada kondisi alaminya, namun dapat menyerap kelembapan saat terpapar udara.

Sifat higroskopis ini menjadikan madu sangat bermanfaat untuk Anda yang kulit kering, karena memiliki efek melembabkan yang lebih baik dan dapat digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

9. Conditioner Rambut

Manfaat lain dari madu adalah sebagai pelembab alami. Madu juga mudah digunakan sebagai kondisioner alami.

Campur 1/2 cangkir madu dengan 1/4 cangkir minyak zaitun dan panaskan sebentar di atas kompor. Oleskan campuran tersebut ke rambut Anda, lalu biarkan meresap, dan bungkus dengan handuk agar madu lebih mudah diserap.

Setelah direndam, bilas rambut dengan air dingin hingga rambut bersih serta tidak lengket.

10. Membuat Kulit Halus

Kualitas yang sama yang membuat madu bagus untuk rambut juga bagus untuk kulit. Madu merupakan bahan yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap lembut dan bersih.

Cukup tambahkan dua sendok makan madu dan secangkir air panas untuk melarutkannya. Tambahkan dua hingga tiga tetes minyak esensial lavender dan tuangkan campuran ke dalam bak mandi.

11. Masker Wajah

Manfaat madu selanjutnya adalah sebagai masker kecantikan. Madu efektif mengobati jerawat, rosacea dan eksim serta penyakit wajah lainnya, sedangkan minyak kelapa dapat menghilangkan kulit kering atau iritasi serta mengurangi kerutan.

Gabungkan keduanya dan  menjadikannya masker yang membuat kulit sangat lembut, bercahaya, dan juga terhidrasi. Caranya yaitu mencampur satu sendok makan minyak kelapa dan satu sendok makan madu mentah ke  dalam mangkuk kecil hingga tercampur rata.

Madu alami sangat bermanfaat dan dapat membantu manusia menjalani hidup sehat, sehingga meningkatkan penampilan. Bagaimana? Anda ingin mulai mengonsumsi madu untuk menikmati hidup yang lebih sehat?

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel