-->

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Anda Hindari

Penyakit batu ginjal merupakan sebuah keadaan dimana terdapat endapan keras yang terbentuk dari zat yang terdapat di air kencing. Ukuran dari batu ginjal ini biasanya sangat kecil atau hanya berukuran beberapa inchi. Jika terdapat ukuran batu yang lebih besar akan terbawa kencing ke kandung kemih yang biasa dikenal dengan batu staghorn. Umumnya, penyakit ini menyerang mereka yang berusia 40 tahun keatas. Namun Anda bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit ini dengan menjauhi penyebab penyakit batu ginjal bisa terjadi yang bisa ditandai dengan gejala - gejala yang muncul.


Penyebab Terjadinya Penyakit Batu Ginjal

Penyebab terjadinya batu ginjal ialah saat air kencing atau urin memiliki kandungan bahan kimia yang terlalu banyak. Bahan kimia tersebut seperti asam urat, kalsium, sistin atau struvite yang merupakan campuran dari magnesium, fosfat dan juga ammonium.
Resiko peningkatan penyakit ini bisa terjadi saat seseorang melakukan diet ketat yang tinggi protein dan meminum air yang terlalu sedikit. 

Terdapat fakta yang beredar di masyarakat jika sekitar 85% batu di ginjal menyebabkan kencing batu yang terbuat dari kalsium. Lebih sering terjadi saat Anda terserang encok ialah pengaruh dari batu asam urat. Sedangkan untuk batu struvite akan lebih sering terbentuk dalam urine yang terinfeksi.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab penyakit batu ginjal :

1. Tumpukan zat kalsium
Salah satu penyebab penyebab penyakit batu ginjal ialah kandungan kalsium pada tubuh seseorang terlalu banyak. Kelebihan tersebut pada akhirnya membentuk batu ginjal yang berbahan dasar kalsium. Itu terjadi karena kalsium yang seharusnya mampu membentuk tulang dan juga otot terlalu banyak diserap oleh ginjal. Untuk kebanyakan orang, ginjal mengeluarkan sari dari kalsium bersama dengan sisa air seni. Orang yang memiliki batu kalsium ini menyimpan terlalu banyak kalsium pada ginjal mereka.
Kalsium yang tetap berada di belakang akan bergabung dengan produk - produk limbah lainnya untuk menghasilkan batu ginjal. Seseorang yang memiliki kalsium oksalat dan batu kalsium fosfat, meskipun kejadian lebih umumnya bagi mereka yang memiliki batu kalsium oksalat.

2. Ginjal terinfeksi
Ginjal yang telah terinfeksi akan mampu membentuk batu struvite.

3. Faktor keturunan
Terjadinya batu sistin di ginjal ialah merupakan hasil kelainan dari genetik, artinya jika masalah yang terjadi pada ginjal Anda diturunkan oleh orang tua ke anaknya. Gangguan tersebut mampu membuat sistin menjadi bocor sehingga mengalir melalui ginjal dan ke dalam air kencing.

4. Asam urat yang terlalu tinggi
Sedangkan untuk batu asam urat bisa terbentuk akibat dari air seni yang mengandung terlalu banyak kandungan asam. Ini biasanya terjadi pada mereka yang terlalu banyak mengkonsumsi daging, ikan, kerang sehingga kemungkinan terserang batu asam urat jauh lebih besar.
Mengetahui penyebab penyakit batu ginjal lebih awal akan lebih baik, sehingga seseorang bisa menghindari terjadinya resiko penyakit ini dengan menghindari faktor penyebabnya.


penyebab penyakit batu ginjal



Gejala Terjadinya Penyakit Batu Ginjal

Setelah kita membahas penyebab penyakit batu ginjal, tidak lengkap rasanya jika belum mengulas gejalanya. Sebagian dari orang di dunia yang mempunyai penyakit batu ginjal, umumnya hanya setengahnya yang mengetahui dan mengalami gejalanya. Meskipun tidak memberikan gejala namun adanya batu pada ginjal akan mampu menimbulkan masalah. Masalah tersebut seperti infeksi hingga terjadinya penyumbatan saluran kencing. 

Batu yang tersangkut pada kandung kemih mampu membuat penyebab penyakit batu ginjal terjadi dan menimbulkan berbagai gejala. Gejala batu ginjal secara umum biasanya muncul rasa sakit yang teramat sangat namun hanya beberapa saat karena datang dan pergi. Biasanya bergerak dari bagian belakang samping menuju ke bagian perut bawah. 

Namun gejala lain yang menyertai, sebagai berikut:
  • Sakit pada bagian pinggang, selangkangan, paha dan juga alat vital
  • Darah keluar bersama air kencing
  • Mual dan muntah
  • Meriang
  • Demam
  • Berkeringat
  • Terlalu sering buang air kecil
  • Terasa mendesak
  • Sakit teramat sangat saat kencing
Terdapat gejala lainnya yang mungkin tidak disebutkan secara lebih rinci, namun jika batu yang terdapat dalam ginjal tersebut mengalami infeksi maka segera bawa ke dokter.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel