-->

Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda

Darah Tinggi merupakan penyakit yang menyerang lansia, karena risiko hipertensi semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Namun nyatanya kasus hipertensi semakin banyak terjadi pada usia muda, termasuk remaja, di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Menurut data riset kesehatan 2013 yang dirilis Kementerian Kesehatan, 8,7% penderita hipertensi berusia 15-24 tahun. Angka ini menunjukkan pertumbuhan penelitian kesehatan dasar pada tahun 2018 yaitu meningkat 13,2% pada tahun 2018, dan rentang usia remaja semakin sempit yaitu 18-24 tahun.

Lantas, apa sebenarnya penyebab tekanan darah tinggi di usia muda? Apa bahayanya untuk masa depan?

Penyebab Darah Tinggi pada Usia Muda

Sekitar 90-95% kasus hipertensi di dunia merupakan hipertensi primer, yaitu jenis hipertensi tanpa penyebab yang jelas. Sisanya tergolong hipertensi sekunder, yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti gangguan fungsi ginjal, pembuluh darah, jantung atau sistem endokrin.

Mirip dengan penyebab umum hipertensi, hipertensi di usia muda termasuk dalam dua kategori ini.

Jika usia muda menderita penyakit tertentu, biasanya karena penyakit ginjal bawaan / kongenital, fungsi aorta / malformitas, sleep apnea, penyakit paru obstruktif kronik atau penyakit tiroid (hipotiroidisme atau fungsi tiroid) Hipertiroidisme) dan menderita tekanan darah tinggi. Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan tekanandarah tinggi saat Anda masih muda.

Namun sebagian besar kasus hipertensi pada remaja tergolong hipertensi esensial, yang artinya tidak diketahui penyebabnya. Meski tidak diketahui, kondisi ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh faktor keturunan (heredity), gaya hidup tidak sehat atau kombinasi keduanya.

1. Faktor genetik

Keturunan salah satu faktor risiko hipertensi yang tidak dapat diubah. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, kondisi ini kemungkinan besar akan terjadi pada anak Anda. Pada remaja hal ini juga sangat dimungkinkan terutama bila dibarengi dengan gaya hidup yang buruk.

Sebuah tinjauan pustaka yang dilakukan oleh Universitas Indonesia menunjukkan bahwa riwayat keluarga hipertensi merupakan salah satu faktor utama dalam kasus hipertensi pada remaja. Adapun faktor utama lainnya yaitu obesitas atau kegemukan dan kualitas tidur yang buruk.

2. Obesitas

Saat ini, terdapat lebih banyak orang muda dan remaja yang kelebihan berat badan dibandingkan generasi sebelumnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencontohkan, sejak 1975, kasus obesitas meningkat tiga kali lipat. Di antara anak-anak dan remaja usia 5-19 tahun, kejadian obesitas meningkat dari 4% pada tahun 1975 menjadi 18% pada tahun 2016.

Obesitas merupakan salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi atau hipertensi pada remaja. Laporan survei internasional yang diterbitkan dalam "Experimental and Therapeutic Medicine" menunjukkan bahwa obesitas adalah penyebab utama hipertensi, diabetes, dan penyakit lain yang berhubungan dengan sistem vaskular, kerusakan jantung dan ginjal.

Jika skor BMI Anda lebih tinggi dari 30, berarti Anda termasuk dalam kategori "kelebihan berat badan (rawan obesitas)", dan risiko hipertensi Anda lebih tinggi.

3. Perubahan hormon

Perubahan hormonal pada masa remaja juga berperan penting dalam menyebabkan hipertensi pada remaja. Perubahan hormonal serta fase pertumbuhan yang terjadi pada usia muda dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara, terutama jika dikaitkan dengan gaya hidup yang buruk. Dengan demikian, pengaruh hormon terhadap tekanan darah masih belum sepenuhnya dipahami.

Bahaya Darah Tinggi Di Usia Muda

Memiliki tekanan darah tinggi di usia muda meningkatkan risiko masalah kesehatan di masa depan. Kontrol tekanan darah yang buruk cenderung meningkat di usia tua. Jika hal ini dibiarkan, hipertensi akan berkembang menjadi komplikasi hipertensi yang lebih serius.

Menurut sebuah studi di Journal of the American College of Cardiology, remaja atau orang muda dengan tekanan darah lebih tinggi dari biasanya lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung di kemudian hari. Hasil ini ditemukan setelah 25 tahun penelitian terhadap 2.500 pria dan wanita.

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa tekanan darah yang lebih tinggi dari biasanya selama lebih dari 25 tahun akan memicu perubahan fungsi miokard dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain penyakit jantung, tekanan darah tinggi Usai muda juga bisa meningkatkan risiko stroke. Studi yang dipublikasikan di Honolulu International Stroke Conference di Amerika Serikat menemukan bahwa ketika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau faktor risiko lain (seperti diabetes) saat berusia 20 tahun, risiko stroke meningkat secara signifikan.

Kondisi ini meningkatkan risiko stroke pada usia 30 atau 40 tahun. Padahal, jika Anda memiliki setidaknya dua faktor risiko, risiko stroke lebih besar.

cara menurunkan darah tinggi di usia muda


Cara Menurunkan Darah Tinggi Diusia Muda

Pertimbangkan tekanan darah tinggi saat Anda masih muda. Karena semakin dini seseorang mengalami tekanan darah tinggi, semakin besar kemungkinan ia terkena penyakit jantung di masa mendatang. Inilah mengapa Anda perlu segera menangani tekanan darah tinggi saat Anda masih muda. Kuncinya adalah menurunkan tekanan darah dan meminimalkan efek penyakit jantung. Lantas, bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi diusia muda?

·     1. Jauhi depresi.

·     2. Istirahatlah yang cukup.

·     3. Berhenti merokok atau menurunkan aktivitas merokok.

·   4. Batasi atau bahkan hindari alkohol dan obat-obatan tertentu. Ini adalah penyebab umum tekanan darah tinggi saat Anda masih muda.

·     5. Olah raga secara teratur, tiga hari atau lebih dalam seminggu, minimal 30 menit.

Olahraga teratur tidak hanya membuat Anda tetap sehat, tetapi juga mengontrol berat badan, sehingga Anda bisa menyingkirkan obesitas.

6. Makan makanan sehat, seperti sayur dan buah. Kurangi konsumsi makanan matang, makanan tinggi garam dan makanan yang mengandung pengawet.

7. Kurangi konsumsi fast food dan makanan berlabel "rendah lemak". Ini karena makanan dengan merek dagang "rendah lemak" cenderung memiliki kandungan gula dan garam yang lebih tinggi.

Jika langkah-langkah menurunkan tekanan darah tinggi tidak berhasil, Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Pasalnya, mengabaikan tekanan darah tinggi dapat memicu berbagai kondisi kompleks, seperti masalah pembuluh darah, masalah ginjal, masalah jantung, mengganggu kerja mata dan menyebabkan kelainan serta masalah kerja otak.

Demikian yang dapat kami bagikan pada artikel ini untuk menurunkan tekanan darah tinggi di usia muda.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel