-->

Manfaat Minyak Zaitun untuk Menjaga Kesehatan

Para pecinta salad dan gaya hidup sehat pasti sudah tidak asing lagi dengan manfaat minyak zaitun yang digunakan dalam masakan atau sebagai pelengkap hidangan makanan.

Minyak zaitun adalah lemak yang diekstrak dari buah pohon zaitun di Mediterania. Tidak seperti minyak lainnya, minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang menyehatkan dan dapat menggantikan margarin, mentega, dan minyak sayur.

Minyak zaitun bisa dikatakan minyak yang serbaguna. Manfaat minyak zaitun yaitu dari menjaga kesehatan hingga memberi nutrisi pada kulit.

14 Manfaat minyak zaitun untuk Kesehatan

Manfaat minyak zaitun memang tidak bisa dipungkiri, karena manfaat minyak zaitun sangat terkenal. Tapi apa kegunaan minyak zaitun untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh. Minyak zaitun biasa digunakan untuk memasak dan sebagai bumbu salad.

Minyak zaitun memiliki efek nutrisi dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa karena orang sering menggunakan minyak zaitun, penyakit jantung jarang terjadi di beberapa negara di kawasan Mediterania.

Makan dengan empat sendok makan minyak zaitun setiap hari sangat dipercaya akan mencegah terjadinya serangan jantung.

2. Dapat Menanggulangi Penyakit Alzheimer

Minyak zaitun memang tidak tanggung-tanggung, karena salah satu manfaatnya yaitu dapat mengatasi penyakit Alzheimer.

Minyak zaitun dapat menghilangkan plak beta-amiloid, yang diduga menjadi penyebab penyakit Alzheimer. Namun, ini hanya ditemukan pada tikus dan belum diteliti pada manusia.

3. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Pola makan mediterania yang sering menggunakan minyak zaitun sekali lagi terbukti efektif menjaga kesehatan, sebuah penelitian menemukan bahwa pola makan mediterania dapat mencegah diabetes tipe 2.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat minyak zaitun dalam mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

4. Kaya dengan Lemak tidak Tersaturasi

Ada banyak senyawa dalam minyak zaitun yang memberikan manfaat kesehatan dari minyak zaitun. Salah satunya adalah lemak tak jenuh pada minyak zaitun.

Lemak tak jenuh dalam minyak zaitun disebut asam oleat, yang menyumbang 73% dari kandungan minyak zaitun. Dalam hal mengurangi peradangan dalam tubuh manusia, asam oleat sangat membantu minyak zaitun.

5. Mencegah Penyakit Stroke

Selain mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2, manfaat lain dari minyak zaitun adalah dapat mencegah stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah besar dapat mengurangi risiko stroke.

Meski demikian, manfaat minyak zaitun dalam mencegah stroke masih perlu penelitian lebih lanjut.

6. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat minyak zaitun untuk makanan sudah tidak diragukan lagi. Mengkonsumsi minyak zaitun tidak menyebabkan penambahan berat badan atau obesitas, bahkan salah satu manfaatnya adalah menurunkan berat badan.

7. Memiliki Kadar Antiradang Tinggi

Manfaat kesehatan dari minyak zaitun juga terletak pada sifat anti-inflamasi yang tinggi. Kandungan fenol zaitun dalam minyak zaitun berkontribusi pada sifat anti-inflamasi dan efeknya mirip dengan obat anti-inflamasi ibuprofen.

Efek antiinflamasi minyak zaitun telah terbukti dapat mengurangi artritis atau artritis reumatoid.

8. Mencegah Pankreatitis Akut

Peradangan pankreas atau pankreatitis dapat membahayakan organ dan kehidupan Anda! Anda tidak perlu khawatir, karena mengonsumsi minyak zaitun dapat mencegah pankreatitis akut.

Pada minyak zaitun juga dapat mencegah pankreatitis akut adalah kandungan asam oleat dan hidroksitirosol yang dapat menjauhkan Anda dari pankreatitis akut.

manfaat minyak zaitun

9. Mengurangi Risiko Depresi

Lemak trans dianggap sebagai salah satu faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami depresi. Sebuah studi membuktikan manfaat minyak zaitun dalam mengurangi risiko depresi.

Faktanya, orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko depresi 48% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi lemak trans.

10. Mengandung Antibakteri

Minyak zaitun telah lama digunakan untuk berbagai keperluan, dan ternyata salah satu manfaat minyak zaitun adalah dapat melawan bakteri. Telah ditemukan bahwa minyak zaitun dapat melawan delapan Helicobacter pylori yang menyebabkan sakit maag dan kanker.

Penelitian sekali lagi membuktikan manfaat minyak zaitun dalam membunuh Helicobacter pylori Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 30 gram minyak zaitun extra virgin setiap hari dapat mengobati sekitar 10-40% infeksi Helicobacter pylori selama sekitar dua minggu.

11. Tinggi akan Antioksidan

Manfaat lain dari minyak zaitun akan mengurangi kemungkinan terserang penyakit kronis adalah karena tingkat antioksidannya yang sangat tinggi. Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan, seperti vitamin K dan vitamin E.

12. Mencegah Penyakit Kolitis Ulseratif

Konsumsi minyak zaitun dapat mencegah kolitis ulserativa. Minyak zaitun juga dapat mencegah terjadinya kolitis ulserativa yang dikaitkan terhadap komponen asam oleat pada minyak zaitun. Ternyata mengonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi risiko kolitis ulserativa hingga 90%.

13. Mengandung Senyawa Antikanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang di negara Mediterania memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Para ahli percaya bahwa minyak zaitun adalah salah satu alasan terpenting.

Manfaat minyak zaitun dalam mencegah kanker berasal dari kandungan antioksidannya. Karenanya, antioksidan dalam minyak zaitun mampu mengurangi stres oksidatif yang dapat mencegah kanker.

Banyak tes tabung yang membuktikan bahwa kandungan minyak zaitun dapat melawan sel kanker.

14. Menghilangkan Bekas Jerawat

Apakah jerawat yang selalu muncul mengganggu Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi masalah Anda.

Oleskan minyak zaitun pada kulit, lalu pijat kulit dengan jari agar penyerapan kulit lebih baik. Oleskan pada kulit selama kurang lebih 5-10 menit, jangan biarkan di kulit selama lebih dari 10 menit.

Meski minyak zaitun memiliki banyak manfaat kesehatan, jangan mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah berlebihan. Minyak zaitun masih mengandung lemak, jadi makanlah secukupnya.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel