-->

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Yang Efektif

Cara menurunkan darah tinggi - Anda bisa mulai menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol melalui gaya hidup sehat.

Pada dasarnya, tekanan darah tinggi dan kolesterol yang berasal dari genetik seringkali tidak dapat dicegah sepenuhnya. Tak bisa dipungkiri, faktor lain seperti ras, usia dan jenis kelamin juga membuat sebagian orang lebih rentan terkena tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Meski demikian, pola hidup sehat bisa membantu Anda terhindar dari risiko berbagai penyakit yang memperumit keduanya. Inilah cara menurunkandarah tinggi.

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi dan obat kolesterol yang diresepkan oleh dokter merupakan salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah dan sekaligus menurunkan kolesterol darah.

Namun konsumsi obat juga harus diimbangi dengan perubahan gaya hidup agar bisa mencapai hasil terbaik.

Jadi, bagaimana Anda bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol secara bersamaan?

1. Olahraga rutin

Cara menurunkan darah tinggi dan kolesterol melalui latihan fisik.

Olahraga melatih otot jantung agar lebih kuat. Saat jantung lebih kuat, ia dapat memompa lebih banyak darah tanpa memaksa fungsi otot jantung. Tekanan pada pembuluh darah pada akhirnya akan turun.

Selama berolahraga, tubuh menstimulasi berbagai enzim yang dapat menghilangkan kolesterol jahat di dinding pembuluh darah ke hati atau liver.

Di hati, kolesterol diubah menjadi zat yang membantu pencernaan dan dikeluarkan dari tubuh.

Kementerian Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) merekomendasikan olahraga intensitas sedang untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol setiap hari. Berolahragalah secara teratur setidaknya 150 menit dalam seminggu.

2. Hindari makanan yang pemicu hipertensi

Menghindari makanan pemicu juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol lainnya. Jenis makanan berikut harus dihindari:

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya disiapkan dengan banyak garam dan minyak. Artinya kandungan natrium dan lemak transnya tinggi.

Proses ini juga dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat. Jika kolesterol jahat menumpuk, maka akan membentuk plak dan menyumbat pembuluh darah, selanjutnya meningkatkan tekanan darah.

3. Mengurangi asupan garam, lemak jenuh, serta lemak trans

WHO merekomendasikan cara menurunkan tekanan darah tinggi dapat mengurangi asupan garam dan lemak (terutama lemak jenuh dan lemak trans). Jangan mengonsumsi garam lebih dari 5 gram atau satu sendok teh per hari. Artinya, hanya 2 gram sodium yang bisa dikonsumsi per hari.

Menurut American Heart Association, jumlah ini bukanlah jumlah garam yang Anda tambahkan ke makanan Anda. Namun, jumlah tersebut mewakili semua makanan yang dikonsumsi dalam sehari.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menetapkan bahwa asupan harian lemak jenuh tidak boleh melebihi 10% dari asupan kalori harian.

4. Menerapkan diet DASH

Diet DASH merupakan salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, sekaligus mengurangi asupan garam dan lemak. Rencana diet harian berdasarkan diet DASH berfokus pada pengurangan garam, gula, dan lemak, serta meningkatkan asupan harian buah, sayuran, dan biji-bijian.

5. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah salah satu cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Rokok meningkatkan jumlah kolesterol jahat dan lemak darah. Ini menyebabkan gumpalan menumpuk di pembuluh darah. Kadar kolesterol baik juga turun.

Padahal, kolesterol baik sangat bermanfaat untuk mengatasi kolesterol jahat yang menggumpal dan menyumbat pembuluh darah. Nikotin juga menyempitkan pembuluh darah, membuat jantung berdetak lebih cepat, dan meningkatkan tekanan darah. Jika Anda tidak merokok, mohon jangan langsung mulai.

cara menurunkan darah tinggi


6. Menjaga berat badan

Obesitas dapat menyebabkan sindrom metabolik, yang meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Sindrom metabolik bisa dilihat dari penumpukan lemak di perut. Karena itu, menjaga berat badan bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Penurunan berat badan yang disarankan adalah 10% dari total berat badan. Saran ini juga membantu menurunkan kolesterol dan lipid darah.

7. Jangan mengonsumsi alkohol

Cara lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan berhenti atau tidak minum alkohol.  Riset AHA menunjukkan bahwa alkohol erat kaitannya dengan peningkatan tekanan darah. Penelitian menemukan bahwa minum segelas akan meningkatkan tekanan darah secara tajam dalam waktu dua jam.

Minum selama beberapa hari dapat meningkatkan tekanan darah secara berkelanjutan. Ini meningkatkan risiko hipertensi kronis.

8. Kurangi asupan kafein

Peran kafein dalam mempengaruhi tekanan darah telah diperdebatkan oleh para ilmuwan. Dikatakan bahwa produk kafein (seperti kopi, teh, coklat, soda dan minuman berenergi) dapat meningkatkan tekanan darah sebanyak 10 mmHg pada orang yang jarang mengkonsumsinya.

Namun, orang yang rutin minum kafein mungkin tidak mengalami peningkatan tekanan darah yang signifikan. Namun, mengingat efek jangka panjang asupan kafein terhadap tekanan darah, tekanan darah cenderung meningkat. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi atau batasi asupan kafein saat menurunkan tekanan darah.

 

11. Konsumsi makanan kaya magnesium

Mengonsumsi makanan kaya magnesium secara alami dan cepat dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Magnesium merupakan mineral esensial yang dapat membantu melemaskan pembuluh darah.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya magnesium, seperti sayur mayur, susu, kacang-kacangan, ayam, dan juga biji-bijian.

12. Kurangi stres

Stres juga bisa memicu tekanan darah tinggi. Jika stres dibarengi dengan pola makan yang tidak sehat, minum alkohol dan merokok, tekanan darah tinggi akan semakin sulit dikendalikan.

Untuk itu, cara menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat dan alami perlu melibatkan pengendalian tekanan pasien.

Kurangi stres dengan menguraikan penyebab utama stres. Kemudian coba cari solusi. Jika terlalu sulit untuk menghilangkan stres, silakan coba ubah pendapat Anda, tetapi pahamilah bahwa itu bukanlah segalanya yang bisa kami kendalikan. Hindari pemicu stres sebanyak mungkin, dan luangkan waktu untuk merilekskan pikiran.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel