-->

Pantangan Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

Pantangan darah tinggi - Banyak orang yang mengatakan bahwa penderita tekanan darah tinggi sebaiknya tidak makan daging kambing dalam bentuk sate atau kari. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membatasi konsumsi makanan asin untuk mencegah peningkatan kadar natrium dalam darah dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Untuk menghindari tekanan darah normal, makanan pantangan tekanan darah tinggi manakah yang harus dihindari? berikut daftarnya.

Daftar Makanan Pantangan Darah Tinggi

1. Garam

Garam atau natrium merupakan makanan untuk menghindari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Ini karena natrium menyerap cairan, yang meningkatkan volume darah, yang pada akhirnya meningkatkan tekanan darah.

Lebih dari 75% natrium yang Anda makan berasal dari makanan kemasan, bukan jumlah garam yang biasa Anda gunakan untuk memasak. Beberapa contoh makanan tinggi natrium termasuk daging yang dimasak, pizza beku, mie instan, sup kalengan, saus tomat, dll.

Bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi atau masalah pra-hipertensi, disarankan untuk membatasi asupan natrium maksimal 1.500 mg per hari, yang setara dengan 1 sendok teh.

2. Acar

Acara terlihat sehat karena terdiri dari sayuran cincang seperti wortel dan mentimun. Biasanya acar diasinkan agar awet.

Sayangnya, garam dapat mengendap atau menjadi acar pada mentimun seperti spons natrium yang diasinkan. Karenanya, garamlah pantangan darah tinggi yang membuat pasien hipertensi.

3. Goreng-gorengan

Kita tidak dapat menjamin mengenai jenisa makanan cepat saji yang banyak dijual di pasaran yaitu digoreng dengan minyak sehat tanpa lemak trans. Contohnya kentang goreng, snack ini kaya lemak dan sodium.

4. Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang baik dan sumber lemak yang besar. Sama seperti susu biasa (susu murni), susu memberikan lebih banyak lemak daripada yang Anda butuhkan.

Segelas susu mengandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh merupakan lemak yang berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Pilih susu rendah lemak atau susu skim yang lebih sehat untuk tubuh.

5. Kulit ayam

Banyak orang yang belum tahu bahwa kulit ayam juga merupakan makanan pantangan untuk tekanan darah tinggi. Ini karena kulit ayam banyak mengandung lemak jenuh serta susu murni, daging merah dan mentega.

Orang dengan tekanan darah tinggi juga sebaiknya menghindari penggunaan kulit ayam karena mengandung lemak trans. Sejumlah kecil lemak trans secara alami ditemukan dalam daging berlemak dan produk susu.

Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi ayam goreng dan merupakan pantangan darah tinggi.

6. Mie Instan

Mie instan sangat populer di kalangan mahasiswa, meskipun itu adalah makanan yang tidak sehat. Dalam satu bungkus mi instan, biasanya tidak ada sedikit lemak dan natrium dalam bumbunya. Karenanya, tak heran jika mi instan menjadi makanan pantangan bagi penderita hipertensi atau darah tinggi.

7. Daging Merah

Daging adalah makanan yang enak, sayang untuk dilewatkan. Namun tahukah Anda bahwa daging merah seperti daging sapi, kambing, kerbau, dan babi mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans dibandingkan dengan jenis daging lainnya?

Padahal makanan tinggi lemak berdampak buruk bagi jantung dan pembuluh darah. Bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, hindari daging merah dan makanan cepat saji serta lemak lainnya, termasuk minyak terhidrogenasi.

8. Gula

Makanan tinggi kalori dan tinggi gula akan membuat berat badan bertambah dengan cepat. Semakin berat Anda, semakin tinggi risiko obesitas, penentu penting tekanan darah tinggi.

Penumpukan lemak tubuh atau obesitas akan membuat jantung bekerja ekstra untuk menyempitkan pembuluh darah sehingga memicu tekanan darah tinggi. Karenanya, gula juga merupakan salah satu makanan pantangan darah tinggi yang jarang diketahui.

9. Margarin

Faktanya, margarin tidak selalu buruk. Anda hanya perlu memastikan untuk memilih jenis margarin yang tidak mengandung lemak trans. Bacalah label dengan seksama, karena sangat penting untuk menghindari lemak trans kapanpun dan dimanapun memungkinkan.

pantangan darah tinggi


10. Kopi

Jika Anda menderita darah tinggi atau tekanan darah tinggi, harap hindari kopi mulai sekarang. Minum kopi di pagi hari ternyata bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah untuk sementara waktu.

Jika Anda minum kopi, kebiasaan ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi Anda melonjak. Perlu diketahui bahwa selain kopi, minuman berkafein apa pun (termasuk soda atau teh berkafein) juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

11. Alkohol

Minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Itu juga dapat merusak dinding pembuluh darah, meningkatkan risiko komplikasi lebih lanjut. Dan ini pantangan darah tinggi untuk mengkonsumsinya.

Oleh karena itu, perlu dijaga tekanan darah yang normal dengan mengonsumsi obat hipertensi. Selain itu, dengan menghindari makanan tekanan darah tinggi tersebut di atas, jaga keseimbangan melalui pola hidup sehat.

12. Junk Food

Makanan cepat saji ini biasanya sangat menarik. Tapi, tahukah kita bahwa mengonsumsi jenis makanan ini akan berdampak pada tubuh?

Junk food bisa berupa fast food, olahan food, dan snack kemasan. Tidak semua fast food merupakan junk food, namun banyak fast food yang mengandung junk food, sehingga Anda harus memilihnya dengan bijak.

Karena kandungan lemak, gula dan garam yang tinggi, makanan tersebut dapat menjadi makanan yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Makan junk food secara teratur juga dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular.

13. Acar dan Makanan Diawetkan dengan Garam

Acar biasanya dimakan sebagai makanan tambahan. Nanum, bukan berarti kita bisa mengabaikan bahan yang terkandung dalam makanan ini. Sebagai bahan makanan yang diawetkan, karena tahan lama, acar mengandung banyak garam karena membutuhkan garam dalam proses pengawetan makanan. Semakin lama disimpan, semakin tinggi kandungan garam dalam acar.

Selain itu, produk yang diawetkan dengan garam termasuk ikan asin. Tentunya penderita tekanan darah tinggi juga harus menghindari makanan tersebut. Namun, Anda tetap bisa memilih membuat acar sendiri atau mencari produk dengan kandungan natrium yang rendah.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel