-->

Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat

Makanan penurun darah tinggi berikut ini bisa menjadi solusi anda untuk mengatasi gejala tekanan darah tinggi yang anda rasakan. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang diam-diam megidap individu. Tanpa alat bantu, penyakit ini sulit didiagnosis, dan begitu terjadi, langsung merusak organ vital kita.

Bagi penderita hipertensi, obat hipertensi alami utama adalah menjaga pola makan sehari-hari. Artinya menjauhi camilan dari jalur luar, garam berlebih, dan makanan cepat saji. Obat generik dapat secara efektif mengurangi tekanan darah tinggi, tetapi bersifat sementara dan tidak dapat menyelesaikan akar penyebab masalahnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami jenis makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Biasanya makanan tersebut penuh dengan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium, yang berdampak positif bagi penderita hipertensi.

Penasaran dengan makanan apa saja yang perlu Anda makan? Inilah makanan yang sudah terbukti secara ilmiah bisa mengurangi tekanan tinggi!

Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi

1. Sayuran Segar

Sayuran tentu memiliki reputasi yang baik dalam hal kesehatan. Tak heran mengapa makanan ini dijadikan sebagai obat hipertensi alami.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan depat, pilih sayuran dengan daun berwarna hijau tua seperti kangkung, arugula, dan bayam. Sayuran ini mengandung mineral potasium dan magnesium yang terbukti efektif menjaga kestabilan dan tekanan darah yang sehat.

2. Buah Bit

Untuk buah Bit merah penuh dengan nitrat, yang diubah menjadi oksida nitrat, yang dilepaskan ke dalam darah dalam waktu 24 jam.

Anda bisa makan bit atau langsung membuat minuman jus. Para ahli merekomendasikan minum 250 ml jus bit setiap hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

 

3. Pisang

Umumnya disarankan agar penderita tekanan darah tinggi makan makanan kaya kalium untuk menghilangkan kelebihan natrium dalam tubuh. Salah satu solusi alami untuk tekanan darah tinggi yang kaya mineral ini adalah pisang.

Sebuah pisang mengandung sekitar 420 mg. Tapi ingat, makan pisang saja tidak cukup. Menurut rekomendasi American Heart Association atau AHA, dosis kalium yang disarankan adalah 4.700 mg per hari.

Karena itu, jangan lupa tambahkan makanan kaya kalium lainnya!

4. Cokelat Hitam

Kabar baik untuk penggemar cokelat. Makanan dalam biji kakao merupakan sumber antioksidan flavonoid yang dapat memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Namun efek ini hanya berlaku untuk dark chocolate dengan kandungan cocoa minimal 70%.

Menambahkan almond ke dalam dark chocolate juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Namun asupan dark chocolate hariannya masih dibatasi sekitar 28 gram!

5. Oatmeal

Dalam berbagai penelitian, makanan penurun darah tinggi dengan cepat yaitu oatmeal terbukti efektif menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Serat β-glukan hadir dalam oatmeal.

Selain itu, makanan berserat tinggi dapat menekan rasa lapar dan mencegah obesitas. Ada juga pilihan oatmeal yang lezat. Buah beri, granola dan kayu manis di atasnya agar sarapan tetap sehat dan enak.

6. Susu Skim

Anda tahu bahwa susu merupakan sumber alami kalsium dan vitamin D. Kombinasi kedua nutrisi ini telah terbukti menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 3% hingga 10%. Karena pengurangan ini, risiko penyakit jantung juga berkurang 15%!

Pastikan Anda mengonsumsi susu skim, yang juga disebut susu tanpa lemak. Kandungan lemak yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan penyakit jantung.

7. Yogurt

Tidak suka susu skim? Anda bisa memilih yogurt untuk menggantikan asupan susu harian Anda. Seperti susu skim, yogurt juga kaya kalsium, yang membantu meningkatkan kinerja pembuluh darah, yang penting untuk kesehatan angka tekanan darah.

Perhatikan, hindari mengonsumsi yogurt tinggi gula. Sebaliknya, gula alami seperti buah-buahan dan madu harus ditambahkan ke yogurt, yang akan lebih sehat.

8. Ikan yang Kaya akan Omega-3

Tahukah Anda bahwa tidak semua ikan kaya akan minyak ikan atau omega-3? Hanya ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel, yang memiliki kandungan omega-3 lebih tinggi.

Minyak Omega-3 dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, peradangan dan trigliserida. Ikan juga bisa digunakan sebagai sumber protein. Karena itu, dokter biasanya menganjurkan setiap orang makan minimal 2 porsi ikan dalam seminggu.

Tentunya suplemen omega-3 dalam bentuk tablet kini bisa digunakan untuk mempermudah asupan minyak ikan.

makanan penurun darah tinggi


9. Flaxseed

Biji rami sebenarnya banyak digunakan. Biji rami biasanya digunakan dalam memanggang kue dan dapat ditambahkan ke makanan dan minuman apa pun. Dari jus, yogurt hingga salad.

Dalam sebuah penelitian, tekanan darah menurun pada pasien hipertensi yang mengonsumsi 30 gram biji rami setiap hari. Siapa sangka benih kecil bisa membawa banyak manfaat?

10. Buah Beri

Buah beri seperti blueberry, stroberi dan blackberry mengandung antioksidan flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa memasukkan beri ke dalam oatmeal, yogurt, dan smoothie. Ini juga cocok sebagai camilan sehat di antara waktu makan.

11. Semangka

Saat menyantap semangka di cuaca panas di Indonesia, rasa semangka yang manis dan berair sangat nikmat. Semangka juga kaya akan L-citrulline yang dapat menstabilkan tekanan darah, terutama di pergelangan kaki dan arteri tangan.

12. Minyak Zaitun

Nah, demi alasan kesehatan, banyak orang mulai menggunakan minyak zaitun untuk memasak tumis atau saus salad. Ekstrak buah zaitun telah terbukti secara ilmiah efektif melawan peradangan dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Dibandingkan dengan minyak nabati lainnya, minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh yang sehat. Secara alami, minyak zaitun adalah minyak yang paling sehat.

13. Bawang putih

Rasa dan aroma bawang putih biasa digunakan dalam berbagai masakan Indonesia. Selain membuat makanan semakin enak, khasiat antibiotik pada bawang putih sering digunakan sebagai obat alami berbagai penyakit. Salah satunya adalah tekanan darah tinggi.

14. Kentang

Kentang merupakan bahan makanan tinggi kalium, magnesium dan serat, yang dapat menurunkan tekanan darah, sehingga sangat cocok untuk penderita hipertensi.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel